Hari ini : Rabu, 21 Oktober 2020 22:32

Kegiatan Ramadan 1441 H SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta

 

Solo,Kabarjoglo.com – Kondisi pandemi corona (covid 19) yang tengah melanda kehidupan masyarakat tidak lantas menyurutkan semangat para siswa untuk mengikuti kegiatan pengajian pada bulan Ramadan. SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar pengajian online dalam rangka memperingati Nuzulul Alquran yang digelar pada Sabtu (9/5) dengan pembicara Ustaz Dr. Syamsul Hidayat, M.A, Pimpinan Umum Majalah Tabligh.

sebanyak 268 siswa kelas 7, 8, dan 9 beserta orang tua siswa Guru dan karyawan akan ikuti Pengajian online melalui youtube sekolah  PK TV

Jadwal kegiatan hari  Sabtu, 9 Mei 2020 pukul 16.00 sampai 17.00 bertempat di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta Jalan Pleret Raya 9 Banyuanyar, Banjarsari, Kota Surakarta

Rubiatun Nurush Sholihati selaku ketua panitia menjelaskan tujuan diadakan kegiatan pengajian online adalah untuk menambah rasa syukur kita bisa memasuki bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah sekaligus mengajak kepada para siswa agar memaksimalkan ibadah salah satunya membaca, memahami, dan mengamalkan Alquran.

“Walaupun diselenggarakan secara online, insyallah tidak mengurangi esensi dari kegiatan kajian tersebut. Dua ratus enam puluh delapan siswa beserta orang tua dari kelas 7, 8, dan 9 wajib mengikuti acara ini dengan menyimak melalui youtube sekolah dari rumah masing-masing,” ungkapnya.

Saat menyimak pengajian online, para siswa juga bisa melakukan tanya jawab pada nomor telepon yang disediakan panitia. Setelah kegiatan, ada penugasan berupa merangkum hasil kajian dan dikumpulkan ke wali kelas masing-masing.

Rubiatun Nurush juga menjelaskan bahwa agenda kegiatan Ramadan di tengah pandemi memang berbeda seperti biasa. Panitia memanfaatkan media-media online dan situs video conference seperti zoom, google meet, dan sebagainya untuk menggelar pesantren online.
“Agenda kegiatan Ramadan meliputi perlombaan menyambut bulan Ramadan berupa poster, videografi, dan artikel; video kajian Ramadan menjelang berbuka setiap hari melalui youtube; mentoring siswa setiap hari; kajian online via video conference setiap seminggu sekali; dan pengajian online peringatan Nuzulul Alquran,” ungkapnya.

Selain siswa, guru dan karyawan pun mengikuti kegiatan Ramadan seperti tadarus Alquran, tilawah Alquran irama nahawan, forum grup diskusi bertema pendidikan, dan sebagainya.

 

Close
Close

SPONSOR