Hari ini : Kamis, 22 Oktober 2020 03:45

DPC PDI Perjuangan Surakarta, Achmad Purnomo mundur dari bursa pencalonan bakal calon Walikota Solo.

(Foto ilustrasi/istimewa)

Kabarjoglo.com – Menurut Pengamat politik MT.Arifin, Achmad Purnomo merupakan bakal calon Walikota Solo yang di usung DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta, memastikan dirinya bakal mundur dari bursa pencalonan Walikota Solo jika Pilkada serentak di gelar Desember 2020.

Achmad Purnomo beralasan ia tidak bisa melakukan kampanye di tengah situasi pandemi wabah Covid 19 baru-baru ini.

Isu kabar berita yang pengunduran diri Purnomo oleh pengamat politik, MT. Arifin dipandang hanya sebagai bargaining saja.

Arifin beralasan isu mundurnya bakal calon kepala daerah tidak hanya terjadi di Solo, melainkan juga di Wonogiri. Sehingga bagi Arifin, suara tersebut lebih merepresentasikan suara partai di daerah.

‘Dikarenakan sampai saat ini KPU belum menerima pendaftaran serta mengesahkan pasangan calon kepala daerah dari partai politik yang mengusungnya. Sehingga terlalu dini jika menanggapi isu tersebut’ ujar MT. Arifin saat di hubungi koranjuri.com via telepon seluler.

Terkait siapa pemimpin yang pantas duduk di AD 1 dan AD 2, Arifin katakan, pemimpin bukanlah sebuah perwakilan, melainkan ketokohan dan jaringan yang harus dia miliki.

Sebelumnya wacana di undurnya Pilkada serentak mencuat di tengah wabah pandemic Covid19. Akan tetapi seiring dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang Nomer 2 Tahun 2020 yang di tanda tangani oleh Presiden Joko Widodo, maka Pilkada serentak di undur sampai Desember 2020.

Perpu ini merupakan payung hukum penundaan pilkada serentak.

Perpu Pasal 201 A menjelaskan Pemungutan suara serentak pada bulan September 2020 tidak dapat di laksanakan sesuai jadwal karena bencana nasional pandemi Covid 19.

Serta ayat yang lain juga menjelaskan pemungutan suara serentak pada bulan Desember 2020 di tunda dan di jadwalkan kembali apabila tidak dapat di laksanakan karena bencana nasional pandemi Covid 19 belum berakhir.

Close
Close

SPONSOR