Hari ini : Kamis, 22 Oktober 2020 01:43

KBRI Beijing Gelar Lomba Cerdas Cermat Virtual Mahasiswa Indonesia di Tiongkok.

KBRI Beijing adakan Lomba Cerdas Cermat Virtual Mahasiswa Indonesia di Tiongkok / Foto istimewa.

 

Beijing, Kabarjoglo.com – Lomba cerdas cermat virtual secara resmi dibuka pada 12/08/2020 oleh Bapak Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing. Kegiatan ini bekerja sama dengan KBRI Beijing, Atdikbud KBRI Beijing, ANTARA Beijing, ASCEE Tiongkok Section, ASCEE Student Branch, Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) dan Gerakan Indonesia Membantu (GIM).

Lomba cerdas cermat (LCC) virtual ini merupakan acara yang didukung penuh KBRI Beijing melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan dengan mengusung tema “Mengimplementasikan Sikap dan Wawasan Kebangsaan.” Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke 75, serta memperingati tujuh puluh tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan China.

Dalam sambutannya, ketua panitia menyampaikan terimakasih atas pencapaian yang luar biasa dalam kegiatan ini, karena antusiasme jumlah peserta yang sangat banyak dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Indonesia dari berbagai wilayah di Tiongkok. Panitia mempersiapkan keseluruhan LCC2020 selama satu bulan lamanya. “tutur Farhan”
Sedangkan pada sambutan kedua, Bapak Assistant Professor Sularso mewakili ASCEE Tiongkok menyampaikan pentingnya peningkatan kapasitas ilmu pengetahuan melalui berbagai aktivitas akademik, yang salah satunya adalah LCC 2020. ASCEE merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa dibidang sosial, sains, dan teknologi yang saat ini telah berhasil melaksanakan kegiatan berupa konferensi Internasional, publikasi dan pengelolaan Jurnal internasional terindex CNKI yang mana dapat digunakan untuk persyaratan kelulusan mahasiswa.

Kegiatan ASCEE tidak terbatas hanya di Tiongkok, namun juga berada di beberapa negara di dunia. Salah satu pengabdian ASCEE kepada bangsa Indonesia adalah dengan mempersembahkan beasiswa baik di luar negeri ataupun dalam negeri. “kedepan, ASCEE juga siap mengawal dan berkolaborasi dengan KBRI Beijing untuk berbagai kegiatan yang bersifat akademis”. Tutupnya.

Sambutan terakhir sekaligus membuka acara adalah Bapak Yaya Sutarya, M.Pd., selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan, KBRI Beijing. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tentang empat pilar kebangsaan yang harus terus dipupuk dalam rangka memperdalam rasa cinta terhadap tanah air. Keberadaan mahasiswa Indonesia di luar negeri juga harus dapat mencerminkan nilai-nilai yang dimaksudkan.

Sebagai penutup, beliau sangat mengapresiasi kegiatan LCC2020 yang baru pertama kali diselenggarakan di dunia.  “KBRI Beijing siap mendukung kegiatan LCC tingkat dunia (international) yang diharapkan dapat dipelopori dari ASCEE Tiongkok Section, bekerja sama dengan organisasi kemahasiswaan yang ada di Tiongkok”. Tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan, perlombaan tahap I telah dimulai. Semifinalis yang telah lolos dari babak penyisihan hari ini akan bertanding pada hari berikutnya.

Close
Close

SPONSOR