Hari ini : Kamis, 22 Oktober 2020 01:45

Persaingan Sengit, Babak Semifinal Virtual LCC Layaknya Final

Ilustrasi babak semifinal lomba Cerdas cermat 2020 Beijing / Foto istimewa.

 

Beijing, Kabarjoglo.com – Persaingan sengit ditunjukkan oleh delapan tim yang berhasil melaju hingga semifinal Lomba Cerdas Cermat 2020 (13/08/2020). Sebagai mana kita ketahui bersama, perlombaan ini diselenggarakan oleh KBRI Beijing, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, KBRI Beijing, didukung sepenuhnya oleh ASCEE Tiongkok, ANTARA News, ASCEE Student Branch, PPIT, dan GIM.

Hari kedua merupakan babak semifinal dari grup yang telah lolos babak penyisihan (sistem gugur). Kedelapan semifinalis yang lolos masing-masing berasal dari Beijing, Guangzhou, Yangzhou, Nanjing, dan Anhui.

Pertandingan babak awal dimulai sejak pukul 12.30 WIB sampai dengan 16.00WIB. Terdiri dari tiga tahapan penilaian diantaranya adalah sesi tunggal, sesi benar salah dan soal rebutan.

Penyegaran atau pemanasan merupakan suatu episode dimana satu regu yang terdiri dari tiga personel harus dapat menjawab pertanyaan yang dibacakan oleh protokoler lomba. Kecerdasan berpikir sangat dibutuhkan, karena satu tim harus dapat berkordinasi dalam waktu singkat dan tepat. Jika mereka melebihi waktu yang ditentukan, maka hasilnya adalah tidak mendapatkan nilai (nol).

Selanjutnya, kejelian antar anggota kelompok dibutuhkan untuk dapat menjawab soal benar atau salah. Masing-masing peserta menjawab dengan cara menayangkan kertas berlabel “B” untuk Benar dan “S” jika salah. Aturannya sangat ketat, bahkan dengan mengamati perjalanan lomba hari sebelumnya (babak penyisihan), tidak jarang satu regu yang terdiri dari tiga tim menjawab soal berbeda-beda.

Dihubungi secara terpisah, ketua panitia menjelaskan bahwa pada sesi ini, satu orang mewakili satu poin. Jika dalam satu regu jawabannya ternyata benar semua, maka nilai poinnya tiga. Sedangkan jika dari ketiga tim menjawab yang dianggap benar dua orang, maka nilainya dua.
“Kejelian dalam menjawab soal bukan hanya dari peserta, namun dari panitia juga mengawasi mereka terutama bagi yang terlambat mengangkat lembar Benar dan Salah, akan dianggap nol”. Ujar Farhan, ketua panitia LCC2020

Babak rebutan adalah suatu sesi dimana masing-masing tim beradu kecepatan, ketepatan, dan ketangkasan. Babak penentuan akhir lomba ini akan mendapatkan poin tambahan jika bernilai benar, dan akan dikurangi jika poinnya salah.

Sebuah akhir yang dramatis didapatkan oleh tim Tiga Siswa Zhongda (Guangzhou). Memimpin sejak awal pertandingan tidak menjamin menjadi pemenang sesungguhnya. Dalam fase babak rebutan, tim ondel-ondel (Beijing) yang justru berhasil merebut posisi kedua, sedangkan posisi pertama berhasil diraih oleh tim Badak Sakti yang juga membuat manuver serupa di luar dugaan tim lainnya hingga keluar sebagai pemenang.

Selanjutnya tidak kalah menarik juga terjadi pada babak rebutan fase kedua. Arunika (Nanjing) terus memimpin laga hingga akhir. Yinni Crew (Anhui) yang tidak pernah diperhitungkan sebelumnya, ternyata berhasil membuat kejutan dengan merebut poin akhir yang sangat besar. Praktis, dalam fase kedua Arunika dan Yinni Crew berhasil melaju ke babak final.

Sebagai penutup, penulis mengutip sebuah kata bijak sebagai berikut:
“Setiap tantangan adalah takdir, setiap kemenangan adalah pilihan, dalam setiap kekalahan selalu ada kemenangan yang menanti.”

Close
Close

SPONSOR