Hari ini : Selasa, 20 Oktober 2020 15:20

Teknik Informatika UAD gelar Workshop Media Ajar menggunakan Video Animasi untuk Guru TK di Berbah, Sleman

PPM dua orang dosen Teknik Informatika UAD, Ahmad Azhari, S.Kom., M.Eng. dan Adhi Prahara, S.Si, M.Sc., mengadakan Workshop ,Pelatihan Pembuatan Video Animasi Media Pembelajaran pada Guru Taman Kanak-kanak di Berbah, Sleman. / foto istimewa

 

Sleman, Kabarjoglo.com – Dalam rangka program pengabdian masyarakat (PPM), dua orang dosen Teknik Informatika UAD, Ahmad Azhari, S.Kom., M.Eng. dan Adhi Prahara, S.Si, M.Sc., mengadakan Workshop dengan Tema “Pelatihan Pembuatan Video Animasi Media Pembelajaran untuk Guru Taman Kanak-kanak di Berbah, Sleman”. Kegiatan ini diadakan pada Sabtu 15 September 2020.

Pelatihan diadakan offline di Taman Kanak-kanak (TK) dan online melalui Zoom, serta disiarkan online melalui YouTube. Kegiatan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB, sedangkan tahap kedua dimulai pukul 12.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Pelatihan dihadiri oleh 12 peserta dari Guru Taman Kanak-kanak di Berbah, Sleman.

“Pada masa new normal ini dibutuhkan kemampuan adaptasi dari Tenaga pengajar baik Guru maupun Dosen untuk bisa menyampaikan materi ajar secara online. Materi ajar perlu disajikan secara menarik untuk siswa didik. Penggunaan Video Animasi bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat penyajian materi lebih menarik. Sehingga ini menjadi alasan mengapa workshop ini diselenggarakan” ucap Adhi Prahara.

Dalam penyampaian materi, Adhi dan Azhari menjelaskan secara detail materi pengantar multimedia dan penerapan aplikasinnya. Menurut Ahmad Azhari banyak tantangan dan kesempatan bagi Guru TK dalam mengembangkan media ajar agar tampil lebih menarik. Kegiatan dilanjutkan dengan perancangan desain media pembelajaran oleh seluruh peserta pelatihan. Kegiatan pelatihan selanjutnya diisi dengan workshop dipandu oleh Dosen Pengusung Program (DPP) dibantu oleh beberapa Mahasiswa. Kegiatan Workshop pembuatan media pembelajaran dimulai dengan perancangan, pengisian content, dan pembuatan materi uji. Pada Gambar 1 dapat dilihat suasana kegiatan workshop pembuatan video animasi oleh Dosen.
Kegiatan disambut baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari antusias dan keaktifan para peserta sepanjang rangkaian kegiatan.

Pada akhir acara juga dilakukan post-test untuk membandingkan pengetahuan masyarakat sebelum dan sesudah dilakukan edukasi. Kegiatan berjalan dengan lancar sampai akhir acara, kegiatan ini ditutup dengan diskusi mengenai workshop dan pembagian konsumsi.

Close
Close

SPONSOR