SD Negeri Manahan Terapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ” Utamakan Keselamatan Kesehatan Guru dan Siswa”

Solo, Kabarjoglo.com – Beberapa sekolah dasar atau SD di Solo sudah mulai melakukan kunjungan ke rumah siswa atau home visit. Salah satunya adalah SD Negeri 1 Manahan Solo. Kunjungan ini sebagai penguatan pembelajaran kepada siswa pada masa pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Kepala SD Negeri Manahan, Tri Hananto Budi Santosa, S.Pd. M.Pd, mengatakan kunjungan guru ke rumah siswa atau home visit sudah diberlakukan. “Tidak hanya ke rumah siswa Kelas I, tetapi sampai Kelas VI,” ujarnya saat ditemui Majalah DIDIK di sekolah itu, baru baru ini.
Menurut Hananto, kunjungan guru ke rumah siswa ini dilakukan dengan beberapa ketentuan. Ketentuan itu mengutamakan prinsip keselamatan dan kesehatan guru, siswa, dan sekitarnya. Ketentuan tersebut antara lain kunjungan dilakukan kepada individu maupun kelompok siswa dengan jumlah maksimal lima orang yang rumahnya saling berdekatan.
Kunjungan juga dilakukan sesuai kebutuhan, dengan jadwal dan lokasi yang disepakati sebelumnya. Menurutnya, guru kelas dan orang tua siswa di sekolahnya sudah memiliki media komunikasi masing-masing. Lantaran itu, anak didik yang akan dikunjungi dan jadwal kunjungannya dapat dikomunikasikan melalui media komunikasi tersebut.
Selain itu, kunjungan guru ke rumah siswa itu harus seizin orang tua siswa bersangkutan. “Ini penting, kunjungan harus seizin orang tua. Artinya, kalau orang tua tidak menghendaki kedatangan guru karena kekhawatiran atas penularan Covid-19, maka kunjungan tidak dilakukan,” imbuhnya.
Hananto, menggarisbawahi kunjungan guru ini juga tidak akan dilakukan ke daerah yang di sekitarnya terdapat pasien positif Covid-19. Semua dilakukan demi keamanan guru, siswa, dan semuanya.
Dijelaskan, kunjungan ke rumah bertujuan memberikan penguatan kepada anak didik dalam PJJ. “Kunjungan ini untuk penguatan pembelajaran agar siswa bisa lebih terlayani kebutuhannya,” ujar dia. Ia juga menyampaikan kunjungan SD ke rumah siswa dilakukan dengan berbagai ketentuan yang mengutamakan kesehatan dan keselamatan semua pihak. (Panut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Terkini

Sponsor

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.