Hari ini : Kamis, 26 November 2020 14:51

Griyo Sate IKKG Glagahombo, Destinasi Kuliner Enak dengan View Waduk Bade

Boyolali, Kabarjoglo.com – Glagahombo sebuah desa kecil yang terkenal dengan nama “Desa Pedagang Sate” sebagai tanda, dibangunnya Tugu Sate Tongseng yang terletak di tengah desa. Namun rasanya kurang pas jika ada Tugu Sate Tongseng tapi tidak ada tempat untuk menyantap Sate Tongseng khas Glagahombo yang namanya sangat terkenal di Boyolali dan juga di Ibukota, maka dari itu Ikatan Kerukunan Keluarga Glagahombo (IKKG) bersama Pemerintah Desa Blumbang membangun Griyo Sate IKKG yang berlokasi di Dukuh Glagahombo, Desa Blumbang, Kecamatan Klego, Boyolali. Selasa (06/10/2020).

Fattoni selaku Ketua Pelaksana Pembangunan IKKG menjelaskan “Griyo Sate IKKG merupakan perwujudan kerjasama antara IKKG dengan Pemda Blumbang¬† dalam rangka pembangunan desa, disamping itu juga kurang pas kan kalau ada Tugu Tate Tongsengnya tapi tidak ada tempat untuk makannya, jadilah Griyo Sate IKKG yang menjadi ikon Glagahombo” terang Fattoni

IKKG sendiri sudah berdiri sejak 1982 dan memiliki anggota sebanyak 1000 orang yang tersebar di Jabodetabek sebagai penjual sate. Awalnya masyarakat Glagahombo memiliki mata pencaharian bercocok tanam, namun pada tahun 1960 seorang warga bernama Mbah Jumiran mencoba untuk hijrah ke Jakarta dan memulai usaha sate tongseng. Usahanya terus berkembang dan akhirnya menular ke saudara dan warga Glagahombo lainnnya.

Karena kesamaan usaha sebagai pedagang sate tongseng ini warga Glagahombo yang sudah hijrah ke Jakarta bersama sama membangun paguyuban IKKG yang memiliki motto “guyub rukun peduli kampung”

Fattoni berharap paguyuban IKKG tetap berjalan sesuai dengan motonya “guyub rukun peduli kampung” selalu memedulikan kampung halaman, bersama sama membangun kampung halaman agar menjadi lebih maju dan menjadi destinasi wisata di Boyolali

Close
Close

SPONSOR