Hari ini : Kamis, 22 Oktober 2020 22:08

Pelatihan Tourguide untuk Warga Lembah Dongdhe

Dalam mempersiapkan kedatangan wisatawan di desa wisata lembah dong dhe warga desa Gentungan memerlukan pelatihan memandu wisatawan atau tour guide. Kegiatan Pelatihan ini di support oleh Perguruan Tinggi Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta yang memfasilitasi dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan dari bulan agustus sampai oktober 2020. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pelatihan tourguide sendiri dilakukan pada tanggal 25 & 27 agustus 2020 dengan narasumber Erna Wigati, S.Pd.,M.Pd memberikan materi Kualitas Keahlian Pramuwisata dilanjut materi Kualitas Perjalanan Wisata oleh Tri Wahyuningsih, SE.,MM sedangkan di tanggal 27 agustus 2020 dilakukan persiapan teknik guiding sebelum warga praktek keliling desa wisata lembah dong dhe. Praktek warga sebagai pemandu wisata dilakukan tiap hari Jumat dan sabtu .

Penjelasan Sotopo, SE selaku Sekretaris desa gentungan yang selalu memberikan support untuk warga dalam menciptakan desa wisata yang berkembang , maju dan mandiri.
Kegiatan tourguide ini diikuti oleh 14 peserta dari desa wisata lembah dong dhe yang nantinya akan ditugaskan sebagai pemandu wisata atau tourguide di desa wisata lembah dong dhe.

Mahasiswa AMBS yang mendampingi dalam melakukan pelatihan praktek guiding yaitu Susi Rahmawati, Anisa Nurul Fadhillah dan Fendi Nur Ardianto sangat bersemangat dalam memberikan pelatihan praktek, tegas penanggungjawab kegiatan tourguide di deswita lembah dong dhe yaitu kholiq robbani.

Kegiatan praktek tourguide dilakukan evaluasi terakhir di pasar ciplukkan lembah dong dhe dan Tolsa. Adapun yang dipraktekkan dalam menceritakan telling story objek di desa wisata lembah dong dhe itu adalah tubing, kebun petik jeruk, edukasi lebah lanceng, kerajinan tas dari barang bekas dan Ledheng yang merupakan unggulan atraksi di desa wisata tersebut. EW

Close
Close

SPONSOR