Hari ini : Minggu, 6 Desember 2020 00:30

Sambut Milad ke-10, SMP Muhammadiyah PK Gelar Lomba Secara Daring

Solo, Kabarjoglo.com – Menyambut milad ke-10 dan 20 tahun Perguruan Muhammadiyah Kottabarat, SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar berbagai perlombaan secara daring. Perlombaan tersebut adalah Plasmic (PK Olympiad Social, Mathematic, and Science) dan Bulan Bahasa. Perlombaan yang digelar secara maraton tersebut tersebut diikuti oleh ratusan siswa baik internal sekolah maupun eksternal sekolah.
Aryanto selaku humas menjelaskan bahwa kegiatan perlombaan tersebut digelar dalam rangka menyongsong milad sekolah yang kini berusia 10 tahun. Menurutnya memasuki usia tersebut, sekolah masih harus terus berbenah, meneguhkan positioning guna meningkatkan kepercayaan masyarakat.
“Perlombaan Plasmic digelar untuk siswa SD se-Solo Raya sedangkan Bulan Bahasa untuk siswa internal SMP Muhammadiyah PK. Berdasarkan data peserta, siswa yang mengikuti Plasmic berjumlah 127 siswa SD se-Solo Raya dari 16 SD baik negeri dan swasta. Adapun peserta lomba bulan bahasa diikuti 269 siswa dari kelas 7, 8, dan 9 SMP Muhammadiyah PK,” jelasnya kepada media.
Ia menambahkan kedua perlombaan, baik Plasmic dan Bulan Bahasa merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Kali ini kedua lomba digelar secara hampir bersamaan. Olimpiade tingkat karesidenan tersebut, Plasmic, ditujukan untuk siswa kelas 5-6 SD. Peserta mendaftar sejak 28 September hingga 20 Oktober. Karena digelar daring maka panitia mengadakan simulasi pengerjaan soal sebelumnya.
Nanang Aryanto, selaku koordinator lomba Plasmic menjelaskan teknis pelaksanaan lomba yang dilaksanakan pada Jumat, 23 Oktober 2020.
“Peserta login dengan akun yang diberikan panitia pada smp.muhpksolo.sch.id/plasmic. Kemudian peserta mengerjakan soal sesuai bidang lomba yang diikuti seperti Matematika, IPA, dan IPS. Waktu mengerjakan selama 2 jam dari pukul 08.00 s.d. 10.00 WIB,” jelasnya.
Nanang Aryanto menambahkan bahwa panitia akan mengambil juara 1, 2, dan 3 berdasarkan kriteri penilaian yaitu kebenaran jawaban dan kecepatan mengerjakan. Para juara akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan piala serta sertifikat.
Adapun, lomba bulan bahasa digelar secara daring khusus untuk siswa SMP Muhammadiyah PK. Terdapat beragam lomba bulan bahasa seperti menulis cerpen, resensi buku, musikalisasi puisi, speeling bee, musikalisasi geguritan, mewarnai batik, pidato bahasa Arab, kaligrafi, video pendek, dan komik literasi. Proses perlombaan digelar dari tanggal 10 s.d. 16 Oktober 2020. Beberapa lomba dalam bentuk video ditayangkan di youtube sekolah, PK TV untuk di-like dan dikomentari. Penilaian berdasarkan like dan viewer terbanyak.
Aryanto mengharapkan bahwa kegiatan perlombaan secara daring seperti ini mampu meningkatkan motivasi belajar para siswa. Pasalnya, para siswa sekarang sebagian besar sedang menempuh pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah.
“Sebagai puncak acara berupa pengumuman dan penyerahan hadiah maka panitia menggelar awarding bertajuk Konser Pemuda Semarak Bulan Bahasa dan Plasmic 2020 pada Sabtu, 24 Oktober 2020 pukul 08.00 s.d. 10.30 live dari youtube sekolah, PK TV,” pungkasnya.

 

Close
Close

SPONSOR