Hari ini : Sabtu, 5 Desember 2020 03:56

Yayasan Dharma Pancasila (YDP) Surakarta Genap Berumur 54 Tahun.

Foto bersama jajaran pendiri dan pengurus Yayasan Dharma Pancasila (YDP) Surakarta.

Solo, Kabarjoglo.com -Yayasan Dharma Pancasila (YDP) Surakarta. Yang menaungi tiga institusi pendidikan yaitu STIE AUB, STMIK AUB dan AT AUB, kini telah menginjak usia 54 tahun berkarya. Menandai HUT YDP Surakarta, dilakukan seremonial syukuran dengan civitas akademika AUB Surakarta, pada Kamis(22/10/2020).

Dihadiri Jajaran pendiri dan pengurus Yayasan Dharma Pancasila (YDP) Surakarta saat perayaan HUT ke-54 YDP Surakarta.diantaranya Pembina Yayasan Dharma Pancasila  Kang Glempo dan Frensi Tutanto MA, dan anggota; D N Turniawan B.Sc.

Dengan Ketua Pengurus Harian dijabat oleh Dr Anggoro Panji SE MM. Sedangkan Pusat Yayasan Dharma Pancasila hingga kini dilanjutkan oleh generasi ke-II dengan para Manggala Dharma Pancasila, yang terdiri dari Frensi Tutanto MA, D N Turniawan B.Sc, Drs Bambang Setiawan MM., Drs Radix Karyanto dan Dr Purwito Kesdu MM

Dengan mengusung tema ‘Kita Teruskan Perjuangan Pendiri Yayasan Dharma Pancasila (YDP) Surakarta untuk Mewujudkan Muluk Kondang Kusumaning Bawono’. Yayasan ini berkomitmen untuk tetap berkiprah dan berkarya di dunia pendidikan. Sekaligus ikut mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

Keberadaan YDP berawal dari Pusat Yayasan Dharma Pancasila yang berdiri di Solo, pada 22 Oktober tahun 1966. Yayasan ini diketuai oleh MA Tukidjo Marto Atmodjo yang sekaligus sebagai pendiri.

Dalam kegiatannya, Pusat Yayasan Dharma Pancasila menyelenggarakan penerbitan koran Dharma Kanda, Pusat Lembaga Kabudayan Jawi (PLKJ), dan Pendidikan dari TK sampai Perguruan Tinggi. Koran Dharma Kanda sendiri mengusung moto ‘Muluk Kondang Kusumaning Bawono’.

Dharma Kanda adalah sebuah surat kabar mingguan berbahasa Jawa, dengan berita dan rubrik-rubrik menarik, koran ini pun banyak diminati oleh para pembaca. Koran ini terbit kali pertama 22 Oktober 1969 lalu. Penerbitnya Yayasan Dharma Pancasila Surakarta, yang berlokasi di Jalan Yosodipuro 38 Solo.

Sedangkan PLKJ Pusat Lembaga Kabudayan Jawi merupakan sebuah lembaga yang mewadahi para budayawan, dalam pelestarian adat istiadat, seni budaya Jawa. Dalam perkembangan selanjutnya, membuat badan hukum, sebagai penyelenggara badan pendidikan, untuk mengelola lembaga pendidikan yang sudah didirikannya dibawah naungan Pusat Yayasan Dharma Pancasila.

Termasuk mendirikan Yayasan Karya Dharma Pancasila atau Penyelenggara Akademi Uang Bank (AUB). Yayasan Kridha Dharma Pancasila atau Penyelenggara ASMI Solo. Yayasan Prasetya Dharma Pancasila atau Penyelenggara Akademi Manajemen Industri (AMI) Surakarta.

Dalam perjalanannya AUB berkembang menjadi STIE, dengan Program Studi D III, S-1, S-2, dan Magister Manajemen (MM). Termasuk mendirikan STMIK AUB, dan Akademi Teknologi (AT) AUB. Sedangkan Akademi Manajemen Industri (AMI) yang selanjutnya menjadi Akademi Teknologi AUB dibawah naungan Yayasan Karya Dharma Pancasila hingga sekarang.

 

Close
Close

SPONSOR