Hari ini : Minggu, 29 November 2020 21:12

Kepala Desa Parangjoro dirikan BUMDes Lumbung Mukti

Sukoharjo- Dalam rangka meningkatkan perekonomian desa, sekaligus Pendapatan Asli Desa, Kepala Desa Parangjoro Hardiman, SH membentuk BUMDes. BUMDes merupakan program unggulan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), dan program ini bertujuan untuk menggerakkan ekonomi desa menuju desa yang mandiri. “Kami Pemerintah Desa Parangjoro memiliki komitmen kuat untuk membangun desa dengan memanfaatkan potensi dan kekayaan desa yang ada, pembentukan BUMDes ini merupakan langkah menggali potensi unggulan desa.” Ujar Hardiman, SH.
Dalam sambutannya, Hardiman, SH menyampaikan untuk menentukan pengurus BUMDes, Pemerintah Desa telah melakukan serangkaian seleksi, dari seleksi administrasi, wawancara, hingga penentuan calon pengurus. Secara resmi, Hardiman, SH telah melatik pengurus BUMDes pada Selasa malam, 27/10/2020.
BUMDes dengan nama Lumbung Mukti ini memiliki enam pengurus, sebagai Direktur Adik Wibowo, Sekretaris Sularso, Bendahara Sugiyanto, Kepala Unit Perdagangan Bejo, Kepala Unit Persewaan Kusmiardi, dan Kepala Unit Bersama Bambang TW.
Sugiyanto selaku Bendahara mengungkap “Visi Misi kita sudah bulat dan sama, yaitu Mbangun nDeso Parangjoro, nduwe randuwe tetep tandang gawe, kolaborasi adalah kunci, dan kami akan sangat terbuka berkolaborasi dengan siapaun demi membangun desa Parangjoro”
Secara terpisah, Adik Wibowo Direktur BUMDes Lumbung Mukti menyampaikan “Kami akan menjalin sinergi dengan seluruh komponen masyarakat dalam mewujudkan cita-cita Desa Parangjoro Maju, selain itu untuk memacu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi desa, BUMDes Lumbung Mukti akan melakukan serangkaian kegiatan peningkatan kerjasama, baik dengan desa mitra, maupun kerjasama dengan swasta dan perbankkan.” Ungkap Adik Wibowo,
“BUMDes Lumbung Mukti juga akan menggerakkan Desa Wisata, dengan memanfaatkan potensi sungai Bengawan Solo, landscape pertanian, industri kuliner desa, dan industri kreatif lainnya sebagai modal utama, bahkan berbagai macam jenis festival yang dikelola BUMDes akan diselenggarakan di sini.” Ungkap Sularso, Sekretaris BUMDes Lumbung Mukti. “langkah awal, kami akan membangun Community Based Tourism, ini adalah upaya pembangunan pariwisata desa agar dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat desa.” Pungkasnya.

Close
Close

SPONSOR