Hari ini : Rabu, 2 Desember 2020 23:25

Pray For Sidareja, 1000 jiwa butuh air minum dan makanan siap saji

Sidareja, Kabarjoglo.com – Ini Banjir terbesar dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. Sejak banjir besar tahun 2005, meski hampir tiap tahun terjadi banjir, namun jalan manggisan Sidamulya masih bisa dilewati kendaraan. Sekarang hanya perahu dan mobil besar yang bisa lewat. Rumahku yang dibangun dengan ketinggian diatas rata-rata pun, sejak pagi tadi mulai terendam air. Sore ini, hujan kembali mengguyur dengan lebat.

Banjir yang datang sejak kemarin, 17 November 2020, bahkan tidak hanya merendam Sidareja, tapi merendam beberapa kecamatan yang biasanya tidak banjir. Bedanya, jika kecamatan lain sehari bisa surut, di Sidareja surutnya bisa sampai 10 hari. Apalagi jika hujan terus menerus turun. Sungai disini terhubung langsung dengan laut. Pasang surut air laut ikut berpengaruh terhadap surutnya banjir.

Semalam, rumah masih bisa dipakai untuk tempat pengungsian sebagian kerabat. Sekitar pukul 05.00 WIB, air mulai masuk. Aku dan istri memutuskan mengungsi di kos-kosan depan, agar anak-anak punya ruang bermain, tidak hanya nagkring di meja. Baru satu jam pindah, tiba-tiba air naik dan menggenangi kos-kosan. Motor sudah tidak bisa keluar. Jalan depan rumah sudah tergenang 1 meter.

Akhirnya kita putuskan mengungsi ke rumah mertua menggunakan perahu, menempati ruangan lantai dua, karena lantai 1 juga tergenang air 80an cm. Bertahan di tengan kepungan banjir. Bersih-bersih sekitar setengah jam, membuat dapur darurat untuk 10 anggota keluarga. Meski hujan masih terus turun, sudah agak tenang karena masih agak jauh dari jangkauan air.

Gelombang pengungsi sejak kemarin sudah berdatangan, apalagi dinihari tadi saat hujan semakin lebat. Sekarang di Desa Sudagaran dan Sidamulya ada 7 titik pengungsian umum. Belum termasuk pengungsian keluarga dan atau warga yang memilih bertahan dirumah, tidur diatas meja. Seperti biasa, dua desa ini biasanya kurang tertangani pihak berwenang, mungkin karena sudah terbiasa terkena Banjir.

Dapat laporan dari temen-temen muda, hal yang paling dibutuhkan sementara ini adalah air minum dan makanan siap saji untuk sekitar 1000 jiwa. Hanya 2 desa diatas, blm termasuk puluhan desa lainnya. Rabu, 18 Nov 2020, pukul 17.15 WIB hujan masih lebat.

Close
Close

SPONSOR