Hari ini : Rabu, 2 Desember 2020 22:30

Prof. Zhengguo GAO Beihang University, Beijing-Tiongkok Bersama UNY Perkuat Kerjasama Internasional

Tangkapan layar program visiting professor Jurusan PTSP FT UNY

Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan kembangkan program kolaborasi akademik dengan Beihang University, Beijing-Tiongkok. Kegiatan ini dilaksanakan sejak Maret sampai dengan November 2020.Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakrawala akademik dan peningkatan kualitas pendidikan. Beragam aktivitas yang telah dilaksanakan meliputi guest lecturer, visiting professor, visiting researcher, joint research and publication.

Tahapan awal kegiatan berupaguest lecturer dengan mengundang saudara Omer, seorang peneliti dari Beihang University berkewarganegaraan Turki. Tema yang dikaji berkaitan dengan desain dan analisis menggunakan Finite Element Method (FEM), kegiatan ini dibuka oleh ketua Jurusan Bapak Dr. Ir. Slamet Widodo, S.T.,M.T. dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan PTSP.

“Acaranya sangat menarik, bidang ilmu yang disampaikan tergolong baru bagi kami. Kegiatan ini menambah motivasi belajar kami untuk berprestasi lebih baikl agi”. Tutur salah satu mahasiswa

Selanjutnya, untuk program visiting professor dan visiting researcher merupakan satu rangkaian yang tidak terpisahkan. Program ini sedianya akan dilaksanakan secara offline dengan mendatangkan Professor di Bidang Struktur dari Beihang University. Namun, karena pandemi COVID-19 menyebabkan pelaksanaan kedua program tersebut ditangguhkan dan menggunakan mekanisme virtual.

Sementara itu dalam program visiting professor dan visiting researchermateri yang dibahas adalah berkaitan denganenergy method  yang meliputi Energy method (Work and energy), Internal strain-energy stored, Principle of real work and real energy, Principle of Virtual Work using Virtual forces, Principle of Virtual Work (using virtual displacements), Method of virtual work for beam, trusses, Principle of Stationary (Extremum) Potential Energy and Castigliano’s Theorem for Beams & Frames. Juga disampaikan tentang implementasinya dalam bidang struktur menggunakan aplikasi program bantu komputer.

Prof. Zhengguo GAO dalam pemaparan materinya

“Program visiting professor dan visiting researcher akan terus dikembangkan dimasa mendatang, hal ini penting untuk memberikan pengalaman akademik yang berharga bagimahasiswa JPTSP” Imbuh Bapak Slamet Widodo selaku Ketua Jurusan PTSP FT UNY dalam sambutannya

Tahap akhir kegiatan berupa joint research and publication yang membahas tema tentang teknologi semiprecastmodel. Beihang University yang diwakili oleh Prof. Zhengguo GAO berperan dalam analisis model numerik menggunakan FEM. Sedangkan uji fisik laboratorium sepenuhnya dilaksanakan di laboratorium Bahan dan Struktur, Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Seluruh rangkaian kegiatan academic collaboration ini didukung sepenuhnya oleh Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Output kegiatan ini berupa Implementation Agreement (IA), MoU, dan MoA antaraJurusan PTSP dan Beihang University. Tidak hanya itu, Prof. Zhengguo GAO juga secara terbuka memberikan kesempatan kepada mahasiswa jurusan PTSP untuk belajar di Beihang University melalui skema summer course, studi lanjut jenjang S2 sampai dengan S3.

Sebagai penutup, mengutip kata bijakdari Einstein sebagai berikut:
“Learn from yesterday, live for today, hope for tomorrow. The important thing is not to stop questioning.”(Belajar dari kemarin, hidup untuk sekarang, berharap untuk besok. Hal yang paling penting adalah jangan berhenti bertanya).

Close
Close

SPONSOR