Hari ini : Senin, 30 November 2020 14:54

SRI SUNINGSIH, S.Pd : Mari Belajar Bahasa Inggris

SRI SUNINGSIH,S.Pd NIP.197206052006042017 GURU BAHASA INGGRIS  SMA NEGERI 2 BOYOLALI

Di zaman sekarang terlebih pada era globalisasi bahasa Inggris sudah menjadi bahasa Internasional, Untuk itu kita perlu belajar bahasa Inggris guna dapat berkomunikasi. Maka kita perlu mempelajari bahasa Inggris, materi bahasa Inggris sejatinya tidak boleh asal-asalan. Jika Anda ingin benar-benar mahir dalam berbahasa, maka pelajarilah skill utamanya yakni listening, writing, reading, dan listening. Selain itu, belajar tentang kompeonennya seperti halnya vocabulary serta pronunciation juga diperlukan.

1. Materi Listening
Listening atau mendengarkan merupakan pelajaran bahasa Inggris yang akan membuat pendengaran kita lebih peka dan paham terhadap maksud percakapan oleh native speaker atau penutur/lawan bicara.
Dalam mempelajari listening, maka bisa dilakukan secara mandiri maupun dengan bimbingan tutor. Akan tetapi, hal tersebut perlu dicermati karena ada beberapa tingkatan tertentu yakni:
Basic listeningyang dilakukan dengan mendengarkan kosa kata sederhana.
Referential listening comprehensionyang dilakukan dengan mendengarkan percakapan pendek dan sederhana atau menggunakan lagu. Inferential listening comprehensionyang pembelajarannya dilakukan dengan mendengarkan teks panjang dan lumayan rumit. Literary listeningyang pembelajarannya dilakukan dengan mendengarkan cerita pendek agar pendengar bisa mengambil moral value dari sana.
Dalam mempelajari listening dengan jenis materi apapun harus dibiasakan dan dilakukan setiap hari. Jika tidak begitu, maka membuat telinga untuk peka terhadap maksud dari percakapan seseorang akan sangat sulit karena pada hakikatnya orang bisa paham karena kebiasaan.

2. Materi Writing
Materi bahasa Inggris selanjutnya yakni writing atau menulis. Hal ini dianggap salah satu keterampilan bahasa tersulit karena harus mengggabungkan ide, kemampuan grammar serta keselarasan antara pokok pikiran dan penjelasnya.
Belajar materi writing tidak bisa dilakukan secara mandiri jika Anda masih pemula karena belum mengetahui trik-triknya. Adapun, hal-hal yang harus dipelajari dalam skill ini yakni meliputi:
Academic writing untuk keperluan penulisan jurnal serta artikel ilmia.
Creative writing untuk keperluan penulisan cerita pendek dan fiksi.

Paragraph writing yang dilakukan untuk membiasakan writing bagi seorang pemula.

Free writing untuk menulis pada langkah-langkah awal.
Di samping mempelajari materi writing, dalam konteks ini siswa juga diberikan pemahaman mengenai punctuation atau tanda baca, grammar, writing well developed, unity dalam sebuh teks serta mempelajari berbagi macam teks.

3. Materi Speaking
Speaking atau keterampilan berbicara merupakan materi yang sangat penting karena hal ini berguna dalam melakukan interaksi serta komunikasi dengan orang-orang dalam kancah internasional.
Jika anda mengambil kursus speaking, maka jenis-jenis materi speaking yang akan didapatkan yakni:
Speaking1 yang berisi materi mengenai interaksi dasar sehari-hari seperti halnya menanyakan jam, greeting, asking and giving permission, perkenalan dan dialog singkat bersama teman.

Speaking yang berisi materi mengenai cara menawarkan bantuan dan memintanya kepada orang lain, menanyakan harga serta masih banyak lagi.

Speaking for daily interactionyang berisi materi mengenai interaksi sehari-hari dengan tetangga, teman sebaya, orang tua serta guru.

Speaking for bussiness interactionakan berisi materi mengenai interaksi dalam pekerjaan, tawar-menawar serta ketika Anda sedang ada keperluan di tempat umum. Hal ini sifatnya lebih formal.
Di samping materi yang telah disebutkan itu, dalam
pembelajaran speaking siswa juga dibekali susunan tata bahasa Inggris dengan
benar dan jelas. Mereka pun selalu dilatih agar percaya diri dan mampu berbicara tanpa rasa malu di depan banyak orang.

4. Materi Reading
Selama ini reading dianggap sebagai skill yang sangat membosankan dalam bahasa Inggris, karena siswa merasa jenuh ketika mereka membaca teks panjang. Materi yang akan disajikan dalam pembelajaran reading adalah membaca cepat mengenai berbagai teks dengan tujuan agar siswa bisa memahami isi di dalamnya secara universal tanpa mengetahui arti kosa-kata di sana satu-persatu. Setelah itu mereka harus menjawab berbagai macam soal.
Adapun, dalam pembelajaran reading siswa juga diberikan trik serta tips agar mudah untuk menaklukkan bacaan-bacaan panjang. Di samping itu, mereka pun juga dilatih untuk reading aloud atau membaca dengan suara keras dengan memperhatikan hal-hal berikut:
Latihan intonasi suara ketika membaca dengan suara keras.
Latihan membaca dengan tepat sesuai tanda baca.

Latihan membaca dengan menggunakan pronunciationsecara baik serta benar.
Latihan membaca dengan ekspresi tertentu untuk berbagai bacaan seperti halnya puisi dan cerita.

Close
Close

SPONSOR