Hari ini : Selasa, 1 Desember 2020 17:54

Retno Wulan Wardani, S.Pd : Belajar PPKn Saat Pandemi Covid-19

Retno Wulan Wardani, S.Pd Guru PPKn SMK Kasatriyan Surakarta

Proses kegiatan belajar mengajar saat ini yang tidak dilaksanakan di sekolah secara tatap muka langsung antara guru dengan siswa/siswinya saat ini, merupakan himbauan pemerintah melalui Kemendikbud dimana masih di masa pandemik COVID 19  yang pada awalnya tidak dipahami orang tua para peserta didik, karena mengira belajar di rumah sama dengan libur sekolah. Namun seiring berjalannya waktu,  setelah berkemunikasi secara baik orang tua siswa memahami bahwa suasana pandemik COVID 19 pembelajaran tetap berjalan seperti biasanya, hanya saja dengan metode belajar dari rumah. Para orang tua siswa pun bersyukur dengan adanya kegiatan belajar dari rumah dimana mereka memanfaatkan fasilitas Hpdan jaringan internetnya sebagai penunjang untuk kegiatan pembelajaran.

Saya, Retno Wulan Wardani, S.Pd. sebagai seorang tenaga pengajar pendidikan sekolah bidang studi PPKn kelas XI di SMK Kasatriyan Surakarta memahami akan keadaan pandemi covid-19 ini sehingga diperlukan metode sistem pembelajaran yang berbeda dengan biasanya yakni pembelajaran online. Pembelajaran online (daring) ini dibutuhkan seorang guru untuk memahami dan harus menguasai tehnologi IT, karena banyaknya aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran pada masa pandemik ini. Untuk itu dari Kemendikbud menghimbau para pendidik dapat menghadirkan proses belajar yang menyenangkan dari rumah bagi seluruh siswa/siswinya.

Belajar di rumah tidak berarti memberikan setumpuk tugas yang banyak kepada siswa/siswinya yang dapat memberatkan beban belajar karena mereka juga tidak tertuju pada salah satu mata pelajaran saja melainkan semuanya harus tetap mereka ikuti dalam belajar di rumah. Dengan tetap menghadirkan proses kegiatan belajar mengajar yang efektif sesuai dengan kondisi daerahmasing-masing. Proses Kegiatan Belajar Mengajar saat pandemi ini merujuk pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun2020 Tentang Pencegahan COVID-19 pada satuan pendidikan, dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020. Tentang Pembelajaran secara daring dan bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Serta Surat Edaran dan Petunjuk dari Kepala Daerah Setempat.

Pembelajaran masa pandemi ini dilakukan sesuaisituasi dan kondisi serta kemampuan masing-masing sekolah. Belajar menggunakan teknologi digital , di antaranya iwork from home rumah belajar dan lain-lain. Dalam membelajarkan mata pelajaran PPKn ini, sintaks pembelajaran mode daring yang saya terapkan diantaranya persiapan yang meliputi menyusun RPP agar pembelajaran dilaksanakan secara sistematis dan berjalan lancar dan efektif. Hal ini dengan melakukan pembentukan group WhatsApp/ Messenger untuk mengirim materi dan tugas kepada siswa/siswi SMK Kasatriyan Surakarta, sehingga timbul pembelajaran bersama dan diskusi materi soal secara bersama melalui koneksi internet di HP masing-masing siswa/siswi. Materi ataupun tugas tidak perlu mengejar target-target kurikulum sebagaimana dalam situasi normal, yang penting pembelajaran dari rumah tetap berjalan lancar dan semua peserta didik tetap aktif mengikutinya.

Dengan mengirim materi pelajaran PPKn dalam bentuk PDF atau gambar, saya berharap siswa/siswi sepakat untuk dapat menyelesaikan dan mengumpulkan semua tugas-tugas yang telah saya berikan secara daring dalam waktu yang telah saya tentukan. Selanjutnya, saya memeriksa hasil pekerjaan para siswa/siswi peserta didik ini dan memberikan nilai dalam bentuk kuantitatif dan kualitatif yang langsung saya informasikan melalui sarana WhatsApp/ Messenger.

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) bagi siswa/siswi sendiri kadang dianggap remeh karena mereka monoton materi yang mungkin membosankan, akan tetapi hal ini wajib mereka ikuti demi tetap berjalannya pembelajaran dari saya.Kelebihan menggunakan moda daring aplikasi WhatsApp/Messenger ini antara lain mudah diakses oleh siswa/siswi, bisa mengirim gambar, pesan suara dan video. Memang dalam hal ini membutuhkan kouta internet yang banyak. Namun pembelajaran daring melalui WhatsAppini merupakan salah satu solusi proses pembelajaran yang paling mudahdilakukan pada masa pandemi COVID 19.

Saya berharap dalam kesempatan ini agar para siswa/siswi SMK Kasatriyan Surakarta khususnya, tetap belajar dengan mengikuti materi dan tugas-tugas yang diberikan guru demi masa depan dan cita-cita yang ingin diraih ke depan, meskipun melalui belajar dari rumah sementara ini.

Close
Close

SPONSOR