Selewengkan Dana Desa Kades Karoya Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara

Jambi, Kabarjoglo.com – Polres Merangin menetapkan IS (47) Kepala Desa (Kades) Keroya, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin Jambi sebagai tersangka kasus korupsi dana desa (DD).

Dalam penyelidikan yang di lakukan Unit Tipikor Sat reskrim Polres Merangin, Kades Keroya IS Terbukti menyalahgunakan anggaran dana Desa pada anggaran tahun 2019 lalu.

“Kita sudah lakukan penyelidikan, tersangka telah merugikan uang negara sebanyak Rp 339 juta,” kata Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan saat melakukan Press release, Senin (23/11/2020) di ruang loby Polres Merangin.

Kronogis tindak korupsi ini berawal dari pencairan dana desa sebanyak tiga tahap, untuk tahap pertama 20 persen, kedua dan ketiga, masing-masing 40 persen, dan besaran uang yang dikelola tersangka sebesar Rp 1,3 miliar, setelah semua cair, ada beberapa pekerjaan yang tidak rampung dan membuat kerugian negara mencapai ratusan juta.

“Dalam pelaksanaan realisasi anggaran tersebut Kepala Desa (Kades) Keroya dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum dengan cara, melakukan pengelolaan Keuangan desa tanpa melibatkan perangkat desa yang lain,”jelas Kapolres.

Untuk diketahui, jumlah kerugian negara yang ditimbulkan akibat kejadian ini, sebesar Rp 393.913.451 dan tersangka IS telah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp.80.000.000, dana itu disalahgunakan untuk kepentingan pribadi,” lanjut Kapolres lagi.

Atas dasar itu, Kades Keroya IS saat ini telah kita amankan, dan selanjutnya di proses secara hukum yang berlaku, dituntut dengan pasal tindak pidana korupsi UU 20 Tahun 2001, dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Terkini

Sponsor

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.