TRAINING APAR DI GRAND ARKENSO PARKVIEW HOTEL

Semarang, Kabarjoglo.com – Kebakaran dapat terjadi dimana saja yang terdapat resiko timbulnya kebakaran. Tidak ada ruang ataupun lingkungan yang terbebas dari resiko kebakaran, dimana peristiwa tersebut dapat mengakibatkan korban materi serta adanya korban jiwa maupun kerugian lain secara tidak langsung. Sehingga alangkah bijaksananya kita untuk selalu siaga dengan menyiapkan alat pemadam kebakaran.

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ialah alat pemadam api portable yang mudah dibawa, cepat dan tepat di dalam penggunaan untuk awal kebakaran, selain itu pula karena bentuknya yang portable dan ringan sehingga mudah mendekati daerah kebakaran. Karenanya cara penggunaan APAR dan pemahaman terhadap fungsi-fungsi serta bagaimana management penggunaan Alat Pemadam Api Ringan serta tata letak APAR penting diketahui oleh setiap karyawan di perusahaan karenakan fungsinya untuk penanganan dini dalam menangani kebakaran bisa semaksimal mungkin.

Pada hari Selasa tanggal 1 Desember 2020, diadakan Training penggunaan APAR bagi seluruh karyawan Grand Arkeso Parkeview Hotel. APAR adalah Alat Pemadam Api Ringan. Karyawan Grand Arkenso Parkview Hotel dibekali training ini, agar mampu menanggulangi bahaya, salah satu nya adalah kebakaran.
Hal terpenting dalam penanggulangan kebakaran adalah dengan tidak panik. Saat diharuskan keluar gedungpun, tidak boleh dengan berlari, namun dengan berjalan cepat.

Tujuan dari Training APAR ini adalah, selain karyawan harus berani mengambil tindakan saat kebakaran tiba, juga tidak boleh takut menghadapi api. Ketika menggunakan Fire Blanket, yaitu biasanya karung goni yang sudah dibasahi, tidak boleh langsung dilempar. Karena apabila dilempar, ada kecenderungan, tidak tepat sasaran. Pelan-pelan saja, mengikuti arah angin. Sehingga api bisa dipadamkan dengan baik.

Untuk cara yang kedua, adalah menggunakan APAR. Cara membuka kaitnya dengan mudah adalah dengan menggulingkannya terlebih dahulu. Kemudian tarik kaitnya sekuat mungkin. Kemudian pegang ujung selang dengan kencang, kemudian arahkan.

Melihat pentingnya penanggulangan terhadap bahaya kebakaran, maka semua karyawan Grand Arkenso Parkview wajib mengetahui.

Apabila menghadapi gas yang bocor, hal yang paling utama yang harus dilakukan adalah, jangan menyalakan kompor, api, senter, saklar, maupun HP. Apabila salah satunya dinyalakan, akan terjadi ledakan. Yang harus dilakukan adalah membuka ruangan lebar-lebar. Membuka pintu, membuka jendela. Agar sirkulasi udara berjalan lancar.

Setelah melakukan Training APAR, diharapkan semua karyawan Memahami fungsi alat pemadam kebakaran (APAR) dan juga mampu menggunakan APAR yang benar dan Tepat

Related Posts

Terkini

Sponsor

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.