Wawan Budi Susanto, S.Pd : Optimalisasi Fitur Google Site Untuk Pengembangan Konten Materi Pembelajaran

Wawan Budi Susanto, S.Pd Guru SMA Negeri 1 Surakarta .

Pola Pembelajaran Jarak Jauh karena pandemi telah mempercepat proses disrupsi dalam bidang pendidikan sehingga guru perlu beradaptasi dengan teknologi informasi digital untuk mengembangkan dokumentasi materi pembelajaran agar dapat diakses oleh siswa kapanpun dan di manapun berada. Artikel ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana mengoptimalisasi fitur Google Site untuk pengembangan konten materi pembelajaran.

Google Site merupakan salah satu produk dari Google yang memungkinkan pengguna dapat mengorganisasi desain platform pembelajaran secara asynchronous dengan menggunakan akun google email (gmail) secara gratis.

Hampir setiap orang yang menggunakan ponsel pintar android pasti memiliki akun google (gmail) untuk mengakses layanan google play store. Akun google tersebut terintegrasi dengan layanan produk google lainnya seperti google drive, google classroom, google doc, google slide, google spreadsheet, dan google site.

Artinya dengan hanya login satu kali ke akun google di browser chrome, pengguna dapat mengakses secara otomatis semua layanan google tersebut. Khusus untuk google site, pengguna dapat mengaksesnya melalui alamat link https://sites.google.com/. Perlu diketahui bahwa melalui alamat link tersebut, pengguna dapat membuat google site lebih dari satu sesuai dengan kebutuhannya misalnya dibuat berdasarkan jenjang kelas dengan pertimbangan konten materi pembelajaran yang berbeda.

Pada saat memulai membuat google site, pengguna (guru ) akan menjumpai beberapa fitur yang tersedia di halaman google site. Di bagian kanan terdapat fitur menu Sisipkan, Halaman, dan Tema. Menu Sisipkan merupakan menu yang digunakan untuk menyisipkan desain / layout dan isi atau konten materi pembelajaran.

Konten tersebut dapat dibuat dengan bagian dari menu Sisipkan berupa Kotak Teks, Gambar, Sematkan, dan Drive. Kotak Teks ini merupakan menu untuk menuliskan materi berupa teks . Jika sudah memiliki konsep materi di dokumen word, maka dapat dicopy paste ke bagian teks ini.

Khusus untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, atau Kimia yang menggunakan persamaan / equation maka bisa menggunakan bantuan TeX equation editor dengan alamat http://atomurl.net/math/.

Caranya adalah pilih simbol atau template persamaan sehingga muncul kodenya. Setelah itu, diperhatikan tampilan persamaan yang muncul apakah sudah sesuai atau belum. Jika belum sesuai, maka dapat dilakukan pengeditan pada kodenya. Selanjutnya, pada bagian menu TeX Equation real-time Renderer dipilih image, Enable color diklik agar muncul tanda centang dan tinggi (height) diisi angka 40 agar tidak terlalu kecil.

Secara default, background color akan berwarna putih dengan kode FFFFFF dan text color berwarna hitam dengan kode 000000. Warna-warna tersebut dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Untuk bagian no transparent diubah menjadi background transparent atau entire image transparent.

Langkah berikutnya adalah copy kode pada bagian Tag Link kemudian buka kembali google site menu Sisipkan Sematkan, pilih sematkan kode, lalu paste kode tersebut. Disamping untuk mempaste kode persamaan atau rumus, menu Sisipkan Sematkan dapat juga digunakan untuk kode yang lainnya, misalnya kode html soal yang dibuat dengan google form atau microsoft form, kode widget tambahan misalnya widget waktu jam dan tanggal dari link https://dayspedia.com/widgets/.

Menu Sisipkan berupa Gambar berfungsi untuk memposting konten berupa gambar yang dapat diupload dari komputer atau dengan memilih di drive google. Menu Sisipkan berupa drive merupakan menu yang berfungsi untuk menyisipkan file-file yang sudah tersimpan di drive google baik berupa dokumen word, excel, ppt, gambar, video, google formulir, atau rekap google formulir dalam bentuk google spreadsheet.

Disamping dapat menyisipkan beberapa hal di atas, menu Sisipkan dapat juga digunakan mengatur untuk layout atau tata letak di halaman google site dengan memilih template tata letak yang sudah tersedia. Untuk navigasi menu Teks yang dapat diciutkan merupakan menu yang berfungsi untuk menampilkan template teks yang ukuran panjang lebarnya dapat diatur sesuai keinginan. Ada pula menu Daftar Isi yang berfungsi untuk membuat rekap cakupan judul materi yang disisipkan melalui konten berupa teks.

Menu Carousel gambar berfungsi untuk menampilkan dua atau lebih gambar dalam satu tampilan yang bisa digeser ke kanan atau ke kiri. Menu tombol berfungsi untuk membuat alat navigasi yang apabila diklik maka akan menuju kepada link sesuai dengan yang ada di link tombol tersebut. Menu Pemisah berfungsi sebagai batas pemisah antar konten layout yang telah dibuat sebelumnya.

Menu Placeholder berfungsi untuk upload file dari memori komputer atau perangkat penyimpanan lainnya. Menu pilih gambar berfungsi untuk memilih gambar dari data di drive google, link url gambar, menu pencarian google, foto yang tersimpan di akun google, dan dari drive penyimpanan komputer atau perangkat lainnya. Menu Placeholder juga dapat menyisipkan file dari google drive, video dari Youtube, Kalendar, dan Peta yang terhubung dengan google map. Menu Sisipkan juga dapat menampilkan data diagram yang terhubung dengan google spreadsheet yang tersimpan di google drive.

Di sebelah kanan menu Sisipkan terdapat menu Halaman (Page). Menu halaman ini berfungsi untuk menambahkan halaman baru pada google site. Halaman awal secara bawaan akan dibuat secara otomatis untuk pertama kalinya. Nama halaman ini dapat diubah sesuai keingginan, misalnya untuk halaman awal tersebut diberi nama Home. Halaman inilah yang akan muncul pertama kali apabila link alamat google site akan diakses. Pada navigasi halaman ini terdapat beberapa menu yang tersedia, yaitu menu Jadikan beranda, Duplikasi halaman, Properti, Tambahkan subhalaman, Sembunyikan dari navigasi, dan menu Hapus.

Menu jadikan beranda berfungsi untuk membuat halaman menjadi halaman default ketika alamat link google site diakses. Menu duplikasi halaman berfungsi untuk menggandakan atau membuat salinan halaman tertentu beserta isinya. Menu properti berfungsi untuk mengubah naman halaman agar sesuai keinginan. Menu subhalaman berfungsi untuk membuat halaman baru yang menjadi bagian dari halaman sebelumnya. Menu sembunyikan dari navigasi berfungsi untuk menyembunyikan halaman tertentu agar tidak muncul (hidden) ketika diakses setelah dipublish.

Menu Hapus berfungsi untuk menghapus halaman google site tertentu beserta isinya.Menu yang paling kanan di google site adalah Menu Tema. Pada menu ini, pengguna dapat memilih beberapa tema tulisan dan tipe judul yang ada, antara lain tema Sederhana, Aristoteles, Diplomat, Vision, Rata, dan tema Impresi. Terdapat pula pilihan gaya Font dan warna pada masing-masing tema tersebut.

Pengaturan tema ini akan muncul pada header tempat judul halaman pada google site. Pada bagian header ini, pengguna dapat mengubah gambar dengan upload gambar tertentu dari perangkat komputer atau lainnya. Selain itu, terdapat empat macam jenis header yang dipilih, yaitu Sampul, Spanduk besar, Spanduk, dan Hanya Judul. Menu Reset pada header berfungsi untuk mengembalikan tampilan header ke bentuk awal sebelum ada modifikasi.

Di bagian kiri atas header, pengguna dapat juga menambahkan gambar logo yang menjadi ciri khas sebuah google site.

Setelah pengaturan dengan menu-menu navigasi yang telah diuraikan sebelumnya, maka langkah berikutnya adalah dengan mengklik menu pratinjau di sebelah atas header untuk menampilkan preview dari google site dengan tiga pilihan, yaitu tampilan mobile, tablet, dan layar dekstop komputer. Untuk mengetahui alamat google site, dapat mengklik menu salin link yang dipublikasikan yang terletak di sebelah kanan menu pratinjau. Google site juga dapat dibagikan kepada orang lain untuk berkolaburasi mengembangkan konten bersama.

Menu Pengaturan berfungsi untuk mengatur jenis navigasi samping atau atas dan warna transparan, putih, atau hitam. Situs google site juga dapat diduplikasi melalui menu titik tiga di kiri menu publikasikan. Jika pengaturan dan konten sudah sesuai dengan keinginan, maka langkah akhir adalah mengklik menu publikasikan agar situ google site bisa diakses secara online.

Related Posts

Terkini

Sponsor

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.