ACT Solo bersama MRI Klaten Tanam 2.000 Pohon di Lereng Merapi, Girpasang

Klaten – ACT Solo bersama relawan MRI Klaten kembali mengadakan aksi nyata untuk menjaga lingkungan. Bersama relawan dan komunitas pecinta alam yang lain melaksanakan aksi penanaman 2.000 pohon dan pembuatan instalasi biopori di Girpasang, Kemalang, Klaten pada 28 Februari 2021.

Kegiatan ini mendapatkan support dari Pemerintah Kabupaten Klaten, Pemerintah Provinisi Jawa Tengah, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, serta relawan dari berbagai komunitas.

Pelaksana Teknis (Plt) Camat Kemalang, Klaten, Sudiyono, menyampaikan terima kasihnya untuk seluruh relawan.

“Semoga apa yang kita lakukan ini menjadi amal baik kita, karena di tengah pandemi kita masih berbuat untuk penyelamatan lingkungan. Terima kasih untuk seluruh relawan yang terlibat berbakti untuk pertiwi di bumi Girpasang ini dan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Sudiyono.

Ketua Panitia Penanaman Pohonsekaligus relawan MRI Klaten, Ivan, menyampaikan latar belakang dari adanya aksi tanam pohon ini.

“Banyak di antara kita yang sadar pentingnya kelestarian lingkungan, pentingnya penghijauan, membuang sampah pada tempatnya, tetapi lupa action-nya. Padahal yang penting itu aksinya, dan ini merupakan sedekah bagi kita. Dalam sebuah hadis riwayat Muslim, Rasul Saw bersabda, “Tidaklah seorang Muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya, ”ungkap Ivan.

Selaras dengan Panita, Bagian Program ACT Solo, Ardiyan Sapto menyampaikan bahwa ACT berharap masyarakat terutama anak muda bisa berperan menjaga kelestarian lingkungan.

“Kami berharap kepada masyarakat, khususnya anak muda dan relawan bisa ambil bagian dalam kelestarian lingkungan. Mulai dari penanaman pohon, pembuatan lubang biopori di kawasan tempat tinggal masing-masing. Menanam pohon membuat sirkulasi udara lebih sehat, sedangkan biopori jadi solusi nyata mengatasi kekeringan yang melanda Soloraya,” ungkap Ardiyan

Related Posts

Terkini

Sponsor

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.