Dies Natalis : AMIK Harapan Bangsa Solo, FK BKK Kota Solo dan PT Sritex Tandatangani MoU

Boyolali – AMIK Harapan Bangsa Solo bekerja sama dengan Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus (BKK) Kota Solo dan PT Sritex yakni penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) tentang program ikatan kerja, kuliah sambil bekerja bagi lulusan SMK tahun 2021, sekaligus masih dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis AMIK HB.

Acara tersebut berlangsung di Waduk Cengklik Park yang beralamat di Gunungparan, Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Kamis pagi (18/3).

Tampak hadir Direktur AMIK Harapan Bangsa Dr Eka Budi Santosa, M.Pd, Owner Waduk Cengklik Park Joko Sutrisno, Sri Saptono Basuki perwakilan dari PT Sritex ,Sumilir Wijayanti perwakilan dari Bappeda Kota Solo, Edi Purwanto perwakilan dari Dinas Pendidikan Cabang 7 , Windy Satriawan perwakilan dari Disnakerperin Kota Solo, Nono Budiarto perwakilan dari Forum Komunikasi BKK Kota Solo dan tamu undangan lainnya.

Dr Eka Budi Santosa, M.Pd Direktur AMIK Harapan Bangsa, mengatakan kegiatan tersebut adalah workshop penempatan kerja bagi Forum Komunikasi BKK Kota Solo dengan mengundang 54 BKK se Kota Solo, kepala SMK se Kota Solo, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Solo, Kepala Dinas Pendidikan Cabang 7 dan perwakilan PT Sritex.

“Para lulusan SMK di Kota Solo akan bisa kerja sambil kuliah, AMIK Harapan Bangsa dan PT Sritex akan memberi kesempatan kepada mereka tidak hanya kerja namun kuliah,” katanya.

Dia menegaskan jika hanya kuliah di kampus, maka tidak akan mempunyai pengalaman kerja, jika bekerja saja tidak memiliki ijazah atau kompetensi lain, PT Sritex dan AMIK Harapan Bangsa menggabungkan keduanya, lulusan SMK tahun 2021 di Kota Solo bisa bergabung dalam program ikatan kerja kuliah sambil bekerja.

“Ini adalah solusi bagi yang ingin kuliah namun kesulitan biaya, AMIK Harapan Bangsa ada dua jurusan yakni D3 Manajemen Informatika dan D3 Bahasa Inggris Bisnis, PT Sritex memberikan waktu perkuliahan Sabtu dan Minggu,” tukasnya.

Ketika masuk program ikatan kerja, Eka menambahkan terdapat sejumlah tes seleksi yang akan dilakukan.

“Tidak menekankan akan kepandaian namun semangat, benar-benar punya niat untuk mengubah nasib, ini waktu bagi anak muda untuk tidak mengandalkan orang tua buat kuliah, silahkan bergabung dengan program ini, ini launching kuota bagi 200 mahasiswa,” terangnya.

Biaya kuliah yang sangat terjangkau dan waktu kuliah yang relatif cepat merupakan nilai lebih.

“Perkuliahan pada hari Sabtu dan Minggu, kami menggunakan media sosial guna mempromosikan program ini,” imbuhnya.

Selain menggunakan dunia maya, pihaknya juga mengundang Forum BKK Kota Solo untuk melakukan sosialisasi.

Edi Purwanto selaku Kasubbag TU Cabang Dinas Pendidikan 7 Jawa Tengah mengatakan pihaknya membawahi SMA, SMK dan SLB di Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo.

“Ini adalah forum orang hebat, kolaborasi ini adalah forum yang lengkap, ke depan harus diadakan kembali dan dikembangkan,” jelasnya.

Edi mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya MoU antara Forum BKK Kota Solo,AMIK Harapan Bangsa dan PT Sritex.

“Forum yang akan mengarahkan para siswa untuk maju dan berkembang, program ini adalah angan-angan yang sudah terwujud. Kami memimpikan bagaimana lulusan sekolah bisa ditampung utamanya SMK, SMK bisa melahirkan tenaga kerja yang siap pakai, apalagi ada peluang bisa bekerja sambil kuliah, harapan kami semoga kerjasama ini ditingkatkan dan akan lahir orang-orang hebat, lulusan SMK bisa mandiri sekaligus melanjutkan kuliah,” tukasnya

Edi berharap program ini mendapat dukungan dari masyarakat.

Ketua 2 Forum Bursa Kerja Khusus ( FK BKK Solo ) Nono Budiarto menjelaskan FK BKK terdiri dari 54 anggota yang terdiri dari sekolah menengah kejuruan, lembaga keterampilan dan perguruan tinggi yang ada di Kota Solo.

“Hari ini kita melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi siswa, lembaga pendidikan dan masyarakat dimana kita meluncurkan program kerja sekaligus kuliah bagi siswa SMK yang lulus tahun 2021, bisa bekerja sambil kuliah, kerja dapat penghasilan dan kuliah dapat ilmu,” bebernya.

Dia menuturkan kegiatan tersebut sangat berpotensi mengurangi pengangguran di Kota Solo.

“Setelah pendidikan selesai, makin naik semuanya,naik strata pendidikannya, sebuah kerjasama yang baik antara PT Sritex sebagai tempat bekerja dan AMIK Harapan Bangsa sebagai tempat menuntut ilmu,” ulasnya.

Sekdin Disnakerperin Kota Solo Windy Satriawan mengatakan ini adalah sebuah semangat dari rekan-rekan SMK, dia berharap agar pertemuan seperti ini bisa dilakukan secara kontinyu.

“Penandatangan MoU naskah kerjasama antara FK BKK dengan industri dunia kerja (induka) PT Sritex, kegiatan penampatan kerja sambil kuliah bisa terlaksana , FK BKK mitra Disnaker dalam rangka mengurangi pengangguran, menyampaikan informasi lowongan pekerjaan dan penyaluran tenaga kerja,” bebernya.

“Besar harapan kami program akan berkesinambungan, tumbuh dan berkembang dan mengurangi pengangguran di Kota Solo,” lanjutnya.

Sementara, Sumilir Wijayanti perwakilan Bappeda Kota Solo Bidang Sosbud dan Pemerintahan menuturkan kegiatan tersebut adalah momen bersejarah.

Dikatakannya, selama ini terdapat sebuah kegelisahan tentang lulusan SMK.

“Selama ini image lulusan SMK kurang bagus, dengan adanya MoU ini adalah terobosan dan inovasi dari sebuah kerjasama,” ungkapnya.

“Materi – materi bagus yang dapat kita implementasi terkait soft skill dari Pak Joko Sutrisno, bersyukur momentum ini memberikan kontribusi positif, terkait pengurangan pengangguran, semoaga kita jaga konsitensi kedepan tentang kerja sama yang baik ini,” tegasnya.

Related Posts

Terkini

Sponsor

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.