Napak Tilas Penyiaran Indonesia, KGPAA Mangkunegara VII Dinobatkan Sebagai Bapak Penyiaran

Solo – Dipilihnya Kota Solo sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan Napak Tilas Penyiaran Indonesia tahun ini menjadi alasan, untuk menelisik kembali tentang sejarah penyiaran nasional yang notabene lahir di Kota Solo.

Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia, Syafri Nasution mengatakan penyiaran pertama kali digelar di Kota Solo oleh KGPAA Mangkunegara VII dan telah dinobatkan sebagai Bapak Penyiaran dalam deklarasi Harsiarnas yang kali pertama dilakukan pada 1 April 2009 silam.Beberapa tokoh turut memeriahkan napak tilas, di antaranya Wakil Walikota Teguh Prakosa, Sekda Kota Surakarta Ahyani, Ketua KPI pusat Agung Suprio, Wakil Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyari. Kemudian Staf Ahli Menkominfo Prof. Widodo Muktio.

Mewakili Walikota Surakarta, Wakil Walikota Teguh Prakosa mengharapkan momentum napak tilas ini bisa meningkatkan motivasi bagi insan penyiaran untuk selalu menanamkan nilai-nilai luhur dan kepribadian kearifan lokal. Generasi penerus penyiaran juga dituntut menjadi kontributor yang informatif dan harus edukatif. Selain sebagai tontonan industri penyiaran juga harus dapat menjadi tuntunan, sehingga masyarakat akan hidup lebih baik, dengan mendapatkan penyiaran yang mendidik.

Wawali yang juga Politisi PDI Perjuangan, Teguh Prakosa pun menyambut baik usulan KGPAA Mangkunegara VII untuk dijadikan pahlawan penyiaran nasional. Karena dari Kota Solo inilah pertama kalinya berdiri SOLOSCHE RADIO VEREENIGING (SRV) sebagai satu-satunya stasiun radio peyiaran pertama milik bangsa Indonesia yang didirikan oleh KGPAA Mangkoenagara VII. Dan SRV lahir jauh sebelum proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tegasnya.

Rute napak tilas yang diadakan Minggu (28/3) pagi tadi dimulai dari Balaikota Surakarta, melintasi depan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk menuju Pura Mangkunegaran. Dilanjutkan ke Monumen Pers dan berakhir di LPP RRI Surakarta.

Related Posts

Terkini

Sponsor

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.