Lesson Study Tingkatkan Kompetensi Guru dan Kualitas Pendidikan

Sukoharjo– Puluhan guru ambil bagian pada kegiatan lesson study, digelar di SDN 1 Jetis Sukoharjo di Jalan Dokter Sutomo No.42, Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Rabu pagi (31/3).

Dr. Herry Agus Susanto Ketua Tim Riset Inovatif Produktif Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (Rispro LPDP) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo mengatakan kegiatan tersebut merupakan kerja sama Kementrian Keuangan dengan Rispro LPDP guna meningkatkan pembelajaran yang merupakan kegiatan lanjutan dari riset sebelumnya dengan mengambil tema meningkatkan kompetensi guru merdeka belajar melalui implementasi lesson study.

https://youtu.be/2GNQrBTID4g

“Ini merupakan lesson study yang ketiga, karena sedang dalam masa Pandemi COVID-19, maka dilaksanakan secara daring,” ujarnya.

Dia menuturkan dalam lesson study ada proses observasi, setiap observer mengamati perkembangan siswa secara daring ataupun mengamati secara langsung siswa yang sedang melakukan pembelajaran daring.

“Tujuan dari kegiatan lesson study adalah meningkatkan kompetensi guru dan meningkatkan kualitas pendidikan,” katanya.

Kegiatan tersebut berdasar pada plan (merencanakan), do (melakukan) dan see (refleski) dengan peserta guru kelas III, IV dan V dari Gugus Cempaka serta Tim Lesson Study, pengawas, UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Sukoharjo, kepala sekolah dan Tim Rispro.

Terkait tantangan dalam giat lesson study di masa Pandemi COVID-19, Herry menegaskan karena dilakukan secara virtual, keadaan siswa tidak bisa diamati secara demi sempurna.

Untuk menguranginya, lanjut Herry, pihak sekolah meminta satu siswa untuk masuk guna diamati secara langsung.

Melakukan kegiatan yang sudah dilakukan sejak lama sebelum pandemi COVID-19, adanya wabah tersebut justru memberikan pengalaman baru dalam upaya meningkatkan pendidikan di masa pandemi.

“Ini adalah upaya bersama meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan lesson study,
kami mengapresiasi kinerja teman-teman observer, semoga kedepan akan menjadi guru yang diharapkan kedatangannya oleh siswa atau guru yang dirindukan,” tegasnya.

Sementara Kepala SDN 1 Jetis Sukoharjo, Sisri, S.Pd. SD mengatakan lesson study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif.

“Dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya,” bebernya.

SDN 1 Jetis dipilih karena terletak di pusat kota sehingga tidak akan mempunyai masalah akan jaringan internet dan tempatnyapun representatif.

Ditambahkannya, dia merasa bersyukur dengan pelaksanaan lesson study yang diadakan di sekolah yang mempunyai 18 kelas tersebut.

“Kami tambah pengalaman baik dari pihak guru maupun murid,” tutupnya.

Related Posts

Terkini

Sponsor

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.