Saksikan Pertunjukan Baru Klinthing, Sandiaga Uno Bangga Akan Atraksi Kelas Dunia Berbudaya Lokal

 

Tuntang – Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan kunjungan kerja di Jawa Tengah khususnya Kab. Semarang. Menparekraf Sandiaga Uno beserta tim meninjau beberapa desa wisata dan tempat wisata dengan kearifan lokal. Salah satu yang dikunjungi adalah Saloka Theme Park yang berada di kecamatan Tuntang.

Taman rekreasi tematik terbesar di Jawa Tengah ini memang sudah lama menyedot perhatian publik karena menjadi destinasi wisata modern yang terinspirasi cerita rakyat setempat. Saloka Theme Park mengusung tema kearifan lokal Jawa melalui cerita Baru Klinthing, sebuah legenda rakyat tentang terjadinya Rawa Pening, yang berada sangat dekat dengan lokasi Saloka.

Dalam kunjungan ke Saloka Theme Park, Menparekraf Sandiaga Uno berkesempatan menyaksikan “Baru Klinthing Show, sebuah pertunjukan air mancur menari (dancing fountain) yang dipadukan teknologi laser warna-warni, layar air (water screen) dan menyajikan cerita tentang tokoh Baru Klinthing yang sarat akan nilai budaya lokal.
Sandiaga Uno memuji Baru Klinthing Show sebagai kreativitas anak bangsa yang patut dibanggakan. Ia juga menyebutkan bahwa atraksi kelas dunia ada di Saloka.

Sesuai dengan agenda kunjungan, yaitu mengunjungi desa wisata dan tempat wisata dengan kearifan lokal, saat sesi wawancara di Desa Wisata Lerep, Menparekraf menyampaikan bahwa sudah mencanangkan Desa Wisata akan menjadi program unggulan untuk dikembangkan agar ekonomi masyarakat bisa kembali bergerak. Tentunya dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

“Kita gaspol, gercep dan geber untuk bangkitnya pariwisata di Jawa Tengah ini tambahnya.

Related Posts

Terkini

Sponsor

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.