Lorca Biru: Multi Award Winning Interior Designer 15 Tahun Berkarier, 10 Penghargaan Internasional

Perjalanan Karier Lorca Biru
Lorca Biru, setelah 15 tahun berkarier di Australia, berhasil membangun reputasinya sebagai desainer interior internasional. Sepanjang kariernya, Lorca telah meraih 10 penghargaan bidang interior design, dengan 7 di antaranya meraih predikat terbaik (award-winning). Label Multi Award Winning Interior Designer pun layak ia sandang.

Penghargaan pertama ia raih pada tahun 2015 yakni International Green Interior Award dan Vivid Design Competition Australia, di mana ia terpilih sebagai global finalist dan national finalist. Sementara capaian sebagai pemenang penghargaan pertama kali ia raih pada tahun 2017 sebagai pemenang HIA Award dan Houzz Award. Penghargaan Houzz Award kembali ia raih di tahun 2018.

Kesuksesannya berlanjut dengan menjadi finalis INDE Award 2023, dua kali memenangi penghargaan bergengsi Good Design Award pada tahun 2020 dan 2022, serta dua kali menjadi yang terbaik dalam APAC Insider Australian Enterprise Award pada tahun 2023 dan 2024. Penghargaan terbaru, yang diraih tahun 2024 ini menobatkan Lorca Biru sebagai Most Exclusive Furniture Design Company.

Komitmen Lorca untuk Indonesia
APAC Insider merupakan platform bisnis yang berdiri sejak tahun 2015 dan sudah menerbitkan sebanyak 36 majalah dengan cakupan wilayah di Asia-Pasifik. Penganugerahan penghargaan dari APAC Insider ini diselenggarakan setiap tahun dan sudah memasuki edisi ke delapan pada tahun 2024 ini.

“Sebuah kebanggaan tentunya, kembali memenangkan penghargaan tingkat internasional. Namun, penghargaan ini juga menjadi pemicu bagi saya untuk meningkatkan kualitas produk furnitur dan interior di Indonesia,” kata Lorca Biru saat konferensi pers di Kebonne Totok, Solo, Jumat 7 Juni 2024.

Untuk mendorong peningkatan kualitas produk interior lokal, melalui pabrik interior “Kebonne Totok”, ia mengadopsi teknologi, mesin, dan SOP kerja pabrik interior dari Australia untuk diterapkan di Indonesia. Hal ini diharapkan bisa menjadi langkah awal untuk menaikkan standar kualitas produk interior di Indonesia. “Bahkan untuk pasar domestik sekalipun, perlu adanya peningkatan kualitas produk agar bisa bersaing di pasar global,” ujarnya.

Kolaborasi dengan Desainer Interior Lokal
Menurut Lorca, perkembangan desain interior di Indonesia mengalami tren positif, ditandai dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya membangun interior rumah yang tidak hanya fungsional tetapi juga estetis. Lorca menjelaskan bahwa perbedaan mendasar dari standar operasional produksi interior di Australia dibandingkan dengan Indonesia adalah hampir semua proses produksi di Australia dilakukan dengan mesin, dengan perhitungan ukuran yang presisi. Sementara itu, masih banyak produsen interior di Indonesia yang menggunakan metode manual, mengandalkan keterampilan tukang.

“Kalau di Australia, proses manualnya hanya saat perakitan dan pengemasan saja, selebihnya memakai mesin,” kata Lorca. Karena tingkat keterampilan tukang yang beragam, sulit untuk membuat standar yang terukur tentang kualitas pekerjaan interior dan furnitur di Indonesia. “Berbeda jika dilakukan dengan mesin, semuanya terukur dan presisi, sehingga kita bisa menetapkan standar dan membuat SOP produksi,” jelasnya. Selain itu, produksi dengan mesin ini bisa meningkatkan efisiensi kerja saat produksi, sehingga pekerjaan bisa diselesaikan lebih cepat.

Untuk mendukung upaya peningkatan kualitas produksi interior dan furnitur di pasar domestik, Lorca membuka pintu kolaborasi seluas-luasnya untuk desainer interior lokal. Pihaknya siap membantu desainer interior lokal dari sisi produksi interior dan furnitur, agar standar produksi desainer interior lokal juga meningkat kualitasnya. Harapannya, muncul desainer-desainer interior Indonesia lain yang mampu berprestasi dan bersaing secara global.

“Melalui Kebonne Totok, kami membuka ruang kolaborasi dengan desainer interior di Indonesia yang ingin meningkatkan kualitas produknya. Kami siap membantu dengan menjadi partner produksi interior dan furnitur untuk desainer interior di Indonesia. Harapannya ke depan kita bisa saling mendukung dan maju bersama,” jelasnya.

Dirinya meyakini, banyak potensi yang terpendam dari para desainer interior lokal. Kreativitas para desainer ini mungkin kurang muncul karena tidak didukung dengan lini produksi yang mumpuni. Dengan langkah kolaborasi ini diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi desainer interior lokal untuk bersaing di tingkat internasional, baik dari segi kualitas produk maupun desain.

List Award Lorca Biru:
– International Green Interior Award 2015 – Global Finalist
– VIVID Design Competition Australia 2015 – National Finalist
– HOUZZ Award 2017 – Winner
– HIA Award 2017 – Winner
– HOUZZ Award 2018 – Winner
– Good Design Award 2020 – Winner
– Good Design Award 2022 – Winner
– APAC Insider Australian Enterprise Award 2023 – Winner
– INDE Awards 2023 – International Shortlisted
– APAC Insider Australian Enterprise Award 2024 – Winner

Contact Person:
Ade Rizal – 082133757810

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan