Hardikal Ke-78: TNI AL Cetak Prajurit Jalasena Berkarakter, Berintegritas, Profesional, dan Modern

Surabaya – Dalam rangka memperingati puncak Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) ke-78 tahun 2024, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, bersama Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah, mengikuti upacara militer yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma. Acara ini berlangsung di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, pada Selasa (14/05/2024).

Peringatan Hardikal ke-78 kali ini mengangkat tema, “Lembaga Pendidikan TNI AL Mencetak Prajurit Jalasena yang Berkarakter, Berintegritas, Profesional, dan Modern Dalam Rangka Mewujudkan TNI AL Yang Handal dan Disegani.”

Peserta upacara terdiri dari enam Satuan Setingkat Batalyon (SSY) yang meliputi:
– SSY 1: Kompi Gabungan Perwira (Kodiklatal, AAL, STTAL) dan Kompi Siswa Pasukan Khusus (Pasus) Pusdiksus Kodikopsla.
– SSY 2: SSY Taruna AAL.
– SSY 3: Kompi Antap dan Siswa Pusdikpomal & Kompi Kowal Kodiklatal.
– SSY 4: SSY Siswa Bintara Kodiklatal.
– SSY 5: SSY Siswa Tamtama Kodiklatal.
– SSY 6: Kompi Gabungan PNS (Kodiklatal, AAL, STTAL), Kompi Siswa SMK Farmasi Sekesal & SMK KAL Surabaya.

Upacara juga menampilkan Alutsista TNI AL.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Wakasal, Kasal menyatakan bahwa upacara ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berbagai prestasi Lembaga Pendidikan TNI AL selama 78 tahun. “Mari kita jadikan momen ini sebagai motivasi untuk meningkatkan peran dan kontribusi Lembaga Pendidikan TNI AL dalam membentuk dan meningkatkan kualitas SDM Prajurit Jalasena guna mewujudkan TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh,” ujar Kasal.

Pimpinan Tertinggi TNI AL menegaskan bahwa pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI AL sangat tergantung pada kualitas SDM sebagai pengawak alutsista dan organisasi TNI AL. Oleh karena itu, pembangunan SDM menjadi prioritas utama agar seluruh alutsista dan organisasi TNI AL dapat diawaki oleh personel yang profesional, unggul, dan handal.

Pada kesempatan tersebut, Wakasal juga memberikan penghargaan Tanda Kehormatan Republik Indonesia, Satya Lencana Dwidya Sistha, dan Dosen Terbaik kepada Kolonel Marinir Darwin Tambunan dari Seskoal, Letkol Laut (E) Juliver Hotmatua Pardede dari AAL, dan Letkol Laut (P) Oscar Johanes Novi dari Kodiklatal, serta Putri Amelia, dosen STTAL.

Peringatan Hardikal ke-78 juga dimeriahkan dengan demonstrasi Kolone Senapan berkolaborasi dengan Rapak Bedug, demonstrasi Jala Raga dari siswa Kodiklatal, display GS Jala Gita Taruna AAL kolaborasi Colour Guard, dan demonstrasi Flying Pass dan Boom Burst dari lima unit pesawat Bonanza Puspenerbal, serta penampilan dua pesawat aeromodelling.

Kegiatan lainnya dalam rangka Hardikal 2024 yang digelar secara spektakuler oleh empat Lemdik TNI AL yakni Kodiklatal, AAL, Seskoal, dan STTAL meliputi: launching dan bakti sosial di Bromo, donor darah, fun bike, fun run, lomba menembak, airsoft gun, seminar nasional, lomba karya tulis ilmiah (LKTI), rekor MURI lomba mewarnai, ziarah dan tabur bunga di TMP 10 November Mayjen Sungkono Surabaya, longmarch menempuh jarak 78 km dengan perlengkapan tempur, serta lomba panahan Kasal Cup yang akan digelar pada awal Juni 2024.

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan