Pengobatan Massal dan Bantuan Sosial Alumni AKABRI 94: Wujud Pengabdian 30 Tahun

Solo – Ratusan warga sekitar Lanud Adi Soemarmo menghadiri pengobatan massal dalam rangka memperingati 30 tahun pengabdian alumni AKABRI 94 dengan tema “Palagan 94 Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami.” Acara tersebut berlangsung di Gedung Dirgantara Lanud Adi Soemarmo pada Sabtu (15/6/2024) pagi tadi.

Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko, S.Sos., M.M, Komandan Lanud Adi Sumarmo, dalam wawancara dengan media menyampaikan bahwa puncak acara bakti sosial AKABRI 94 pada hari ini di Lanud Adi Soemarmo, adalah pengobatan massal  “Pengobatan massal ini melibatkan sekitar 250 masyarakat, 52 anak mengikuti sunatan massal, dan 200 orang mendaftar sebagai pendonor darah,” jelasnya.

Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko juga menyampaikan bahwa hari sebelumnya telah terlaksana rangkaian kegiatan sosial dengan pembagian 1000 makanan nasi goreng gratis. “Setelah itu, kami membagikan 750 sembako di Desa Senting, pesisir Waduk Cengklik. Pada tanggal 12 Juni 2024, kami juga memberikan sumbangan kepada beberapa panti asuhan di sekitar Soloraya,” ungkapnya.

Ia menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian selama 30 tahun. “Kami dari AKABRI 94, baik di darat, laut, udara, serta kepolisian, sudah melakukan banyak hal. Banyak teman kami yang gugur dalam tugas. Untuk pelaksanaan di Solo ini, kami melibatkan teman-teman dari Akademi Angkatan Udara, Depo 20 Madiun, Lanud Iswahyudi, dan Depo 50 Solo.”

Kegiatan ini juga dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dengan puncak acara dipusatkan di Jakarta, Senayan, yang dihadiri oleh Panglima TNI dan Kapolri. “Harapan kami ke depan, AKABRI 94 bisa lebih eksis dalam membantu membangun negeri ini,” ujar Marsma TNI Bambang Juniar Djatmiko.

Letkol Adriansyah, saat diwawancarai, menambahkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Sebagai pendonor, saya merasakan manfaatnya, meski baru kali ini saya bisa kembali donor darah setelah setahun terakhir sibuk dengan kegiatan,” katanya. “Bentuk kepedulian ini penting bagi masyarakat yang membutuhkan darah, dan juga baik untuk kesehatan kita sendiri.”

Didik Susilo, warga Malang Jiwan, merasa sangat terbantu dengan pengobatan gratis ini. “Saya punya keluhan lambung dan batuk pilek. Pengobatan gratis ini sangat membantu kami, karena biasanya kami periksa di RSUP sebulan sekali,” katanya.

Suratno, warga Paulan Barat, juga mengucapkan terima kasih kepada Lanud Adi Sumarmo. “Anak saya yang ikut sunatan massal merasa baik-baik saja. Saya sangat berterima kasih kepada Lanud yang telah mengadakan kegiatan ini,” ungkapnya.

Kevin, salah satu anak yang ikut sunatan massal, mengungkapkan, “Awalnya saya sedikit khawatir, tapi setelahnya saya merasa baik-baik saja. Terima kasih kepada Lanud Adi Soemarmo.”

Dengan berbagai kegiatan sosial yang dilakukan, AKABRI 94 berharap dapat terus berkontribusi dan berperan aktif dalam membangun negeri, menunjukkan komitmen mereka untuk mengabdi kepada masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan