Pengajian Akbar Ngaji Filsafat Bersama Dr. Fahruddin Faiz di Univet Bantara Sukoharjo: Menguatkan Spiritualitas dan Pemikiran Kritis Mahasiswa

Sukoharjo – Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) menyelenggarakan Pengajian Akbar Ngaji Filsafat bersama Dr. H. Fahruddin Faiz, S.Ag., M.Ag. Acara ini digelar dalam rangka puncak acara Dies Natalis ke-11 dengan mengambil tema adalah “Menyertakan ALLAH SWT dalam Setiap Tindakan.” Acara berlangsung di Masjid Sahid Univet Bantara Sukoharjo pada Sabtu (13/7/2024) pagi.

Dalam pemaparannya, Dr. H. Fahruddin Faiz menyampaikan bahwa ngaji filsafat bukan sekadar mempelajari konsep-konsep yang dihafalkan, tetapi juga bertujuan untuk mengubah diri menuju kemuliaan. “Ngaji berasal dari kata dasar kaji, yang lebih dalam lagi berarti Aji dalam bahasa Jawa, bermakna kemuliaan. Maka, saya memilih istilah ngaji filsafat agar tidak sekadar belajar, tetapi juga mengubah diri menuju kemuliaan,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Dr. Fahruddin menekankan pentingnya filsafat dalam mengembangkan kemampuan berpikir yang kritis dan benar, terutama di tengah gempuran informasi yang luar biasa melalui media sosial dan internet. “Mahasiswa perlu memiliki kemampuan berpikir yang baik dan benar untuk menghadapi berita-berita palsu dan informasi menyesatkan,” tambahnya.

Selain itu, Dr. Fahruddin juga menekankan pentingnya keseimbangan antara kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual. “Mahasiswa harus fokus pada pemberdayaan diri untuk meningkatkan kualitas diri mereka agar siap menghadapi masyarakat,” ujar beliau.

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Ekonomi Univet Bantara Gustita Arnawati Putri, S.E. M.Si menyampaikan bahwa pengajian ini merupakan rangkaian dari Dies Natalis Prodi Manajemen yang ke-11. Sebelumnya, telah diadakan berbagai kegiatan seperti ajang kreasi seni dan sarasehan dengan mahasiswa aktif, UKM, serta alumni.

“Kami berharap acara ngaji filsafat ini dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tantangan bagi mahasiswa saat ini sangat berat, tidak hanya dari segi intelektual, tetapi juga dari segi emosional dan spiritual,” ungkap Dekan.

Acara ini diharapkan dapat memberikan penguatan spiritual bagi mahasiswa, membantu mereka menghadapi situasi yang tidak jelas, serta menghindarkan mereka dari stres dan putus asa. “Semoga mahasiswa lulusan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Univet Bantara sukses dengan modal intelektual, emosional, dan spiritual yang seimbang,” tutup Dekan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan