SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PARIWISATA API YOGYAKARTA (STIEPARAPI) LAUNCING JOURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) dan Pusat Studi Desa Ekonomi dan Pariwisata (PUSDEWI) STIE “Pariwisata API” Yogyakarta dibawah Program Studi Manajemen STIE ‘Pariwisata API’ Yogyakarta menyelenggarakan acara Diskusi dan Peresmian (launching) Jurnal Pengabdian JTCD serta ulang tahun Jurnal JTEc yang ke-4. Kegiatan ini dikemas dalam mini seminar dengan tema Jalan sunyi Pengabdian dosen dan catatan jurnalnya. Kegiatan ini diselenggarakan di aula Stiepar API pada hari Senin tanggal 29 Juli 2024 dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Ibu Dr Ani Wijayanti, MM.,M.Mpar.,CHE dan Bapak Setiawan Priatmoko, Ph.D.

Mini Seminar ini di hadiri dari berbagai Perguruan Tinggi Jateng dan DIY diantaraya dari Udinus Semarang, Unisbank Semarang, Univesitas semarang, Politeknik Nest Surakarta, UGM, STP AMPTA, Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Proklamasi 45, Politeknik API, Stikes Wira Husada, Akparyo, Stipary Yogyakarta, STIE YKP, Akademi Pariwisata Indraphrasta, Akparda, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Akbidyo.

Kegiatan diawali dengan opening Speech yang disampaikan oleh Ketua LPPM STIEPARAPI Yogyakarta, Ibu Dra. Endang Widayati,MM. Dan dilanjutkan dengan sambutan ketua STIE Pariwisata API Yogyakarta sekaligus sebagai Ketua Hildiktipari DPW V Jateng DIY bapak Susilo Budi Winarno, SH.,MH. Dilanjutkan dengan peresmian secara simbolis rilis terbitan pertama Jurnal Pengabdian Masyarakat dengan nama Journal Tourism and Community Service.

Kegiatan mini seminar ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya jurnal nasional sebagai aset strategis dalam mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Melalui analisis peran dan kontribusi jurnal nasional dan indeks Sinta, diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai nilai penting dari sistem ini dalam mendukung pembangunan berkelanjutan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber pertama menyampaikan tentang proses bertahap untuk membangun kepercayaan mendapatkan hibah Pengabdian kepada Masyarakat, sedangkan narasumber yang kedua menyampaikan pentingnya melakukan publikasi jurnal pengabdian kepada masyarakat untuk memberi jejak-jejak pemahaman bagi masyarakat. Seminar mini ini dipandu oleh moderator Erna Wigati, S.Pd.,M.Pd.

Dalam kegiatan ini STIEPARAPI semakin menegaskan sebagai perguruan tinggi yang terus dipercaya dalam mengelola hibah-hibah dari berbagai pihak dan siap bekerja sama dengan mitra untuk menjadi channel dalam pelaksanaan community service (Pengabdian) dan Corporate social Responsibility (CSR). RN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan