Baabinsa Koramil Simo Bantu Petani Bersihkan Gulma

Boyolali, Kabarjoglo.com – Pendampingan kepada para petani di wilayah Kodim 0724/Boyolali sampai kini masih terus berlangsung. Seperti yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12 Simo Serka Purwito yang membantu melakukan penyiangan tanaman padi di Dukuh Jering Desa Wates Kecamatan Simo. Kamis(10/01).

Kegiatan pendampingan pembersihan gulma dan rumput liar di lahan seluas satu hektar yang ditanami padi varietas IR64 berumur 50 hari milik Suparman.ini dilakukan secara manual.

Di sela-sela kegiatan, Serka Purwito menuturkan, pembersihan rumput liar atau gulma pada tanaman padi merupakan bagian dari perawatan tanaman padi. Keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman induk (padi) terlebih pada masa pertumbuhan hingga pematangan.
Masih tutur Babinsa, pembersihan gulma dapat dilakukan melalui penyiangan secara berkala, baik manual maupun semi mekanik. Bisa juga dengan penyemprotan menggunakan herbisida tertentu yang sudah direkomendasikan PPL atau BPP Dinas Pertanian.

Gulma ini harus dibasmi, bila tidak akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya bahkan menghambat perkembangan anakan tanaman padi yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen. Di sini pentingnya perawatan dan pemantauan tanaman padi untuk mengetahui lebih awal apabila ada gulma ataupun tanaman yang sakit sehingga bisa dengan segera diatasi,” ungkap Babinsa.

Seperti kita ketahui bersama, keberadaan rumput atau gulma merupakan salah satu kendala bagi para petani dalam memperoleh hasil panen yang optimal. Persaingan gulma dengan tanaman utama (padi) dalam proses pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan