Bangkitkan Semangat Cinta Tanah Air Sejak Dini

Karanganyar,Kabarjoglo.com – Pentingnya penanaman, pemahaman wawasan kebangsaan bagi generasi muda khususnya para pelajar harus dilakukan sejak dini, sehingga harapan kedepan akan terbentuk generasi bangsa yang berkarakter.

Anggota Koramil 04/Jaten Kodim 0727/ Karanganyar Sertu Bornok Siringoringo Babinsa desa Brujul kecamatan Jaten membangkitkan semangat Cinta Tanah Air kepada Siswa SDN 02 Brujul. Kamis (14/3)

Dalam arahannya Sertu Bornok memberi contoh tentang penghormatan Bendera Merah Putih. Upacara Bendera yang di dalamnya ada penghormatan terhadap Bendera Merah Putih, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang merupakan simbol atau lambang negara, merupakan salah satu perwujudan dari cinta tanah air atau semangat kebangsaan. Memberikan penghormatan kepada Bendera Merah Putih, berarti kita menghormati negara kita yaitu NKRI, sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus menghormati lambang-lambang negara”,tegas Babinsa.

Dijelaskan pula oleh Sertu Bornok, tentang pentingnya kedisiplinan bagi para pelajar. Disiplin itu harus diterapkan dan dibiasakan, seperti dalam proses belajar, yang dimulai dengan datang ke sekolah tidak terlambat, mengumpulkan tugas sekolah tepat waktu, taat kepada Guru dan mematuhi semua tata tertib sekolah diantaranya bagaimana keharusan seragam, ukuran rambut, kuku dan kebersihan kelas dan lain-lain. Demikian pula saat kita di rumah dan dilingkungan, patuh pada orang tua, taat pada aturan agama dan lingkungan,”tambahnya.

Danramil 04/Jaten Kapten Dwi Wahyu Cahyono mengungkapkan, penyuluhan wawasan kebangsaan berupa materi kedisiplinan, cinta tanah air dan Pancasila bagi siswa-siswi tingkat sekolah dasar, salah satu tujuannya untuk melatih kedisiplinan dan menanamkan jiwa nasionalisme. Bagian dari pendidikan karakter, diharapkan para siswa-siswi akan lebih tertanam sikap kedisplinan dan semangat kebangsaan serta mampu menerapkannya dalam keseharian”,terangnya.

(04-Pendim 0727/Kra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan