Jelang Panen Babinsa Dan PPL Adakan Pengubinan

Wonogiri,Kabarjoglo.com – Babinsa Kelurahan Punduhsari Koramil 11/Manyaran Sertu Sahid yang dibantu oleh Serma Sri Mulyono dan Koptu Kabib bersama anggota BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Kec.Manyaran oleh PPL yang dipimpin oleh Sukandar melaksanakan pengubinan disawah milik Darono yang beralamat di Linkungan Mangis Rt 03 Rw 06 Kelurahan Punduhsari, Kamis(21/3).

Babinsa Kelurahan Punduhsari Sertu Sahid yang berada di lokasi kegiatan mengatakan, pengubinan ini dilakukan di lahan seluas 1 Ha dengan jenis padi Hibrida Mapan 05 menjelang masa panen dengan luas ubinan 2,5 meter x 2,5 meter dengan hasil ubinan 5,7 kg dan dinyatakan hasil yang baik.

Sementara anggota PPL Sukandar, mengatakan, pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan petugas statistik dan pertanian untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil produk pertanian seperti padi dan jagung.

“Cara atau teknik ini paling umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil panen dalam luasan satu hamparan. Melalui pengubinan ini, para petani dapat mengetahui perkiraan hasil panen dari tanaman yang dikelolanya,” ungkapnya.

“Diharapkan teknik pengubinan ini dapat menambah pengetahuan para petani untuk diterapkan setiap kali menjelang panen sehingga dapat memperkirakan sendiri hasil panen yang akan dicapainya,” imbuhnya, (Pendim 0728/Wng).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan