Semangat Babinsa Dampingi Panen Padi

Pelaksanaan Pokja penyusunan Kurikulum Pendidikan Susba Lidkrimpamfik Pom di Lanud Adi Soemarmo.

Karanganyar,Kabarjoglo.com – Panen padi di lahan seluas satu hektar yang ditanami jenis padi mentik wangi milik bapak Suratno dilakukan secara manual, dengan memanfaatkan buruh tani dari desa sekitar. Bahkan dalam panen padi tersebut mendatangkan mesin perontok padi semi mekanik milik warga setempat.

Babinsa Koramil 07/Matesih Serda Said Budiono melakukan pendampingan panen padi di desa Koripan kecamatan Matesih Kab. Karanganyar. Minggu (14/4)

Disela-sela kegiatan pendampingan, Babinsa mengatakan panen padi di lahan milik Bp suratno diprediksikan menghasilkan 6,7 ton. Hasil panen kali ini dapat dibilang lumayan bagus, mengingat di lokasi lainnya masih ada padi yang sempat diserang oleh hama burung dan tikus.

“Sementara harga gabah kering panen (GKP) saat ini di tingkat petani dikisaran Rp 3.800,- hingga Rp 4.000,- per kilogram, sedangkan harga gabah kering giling (GKG) sekitar Rp 4200,- sampai dengan Rp 4.700,- per kilogram,” terangnya.

Masih kata Babinsa, untuk mendapatkan hasil panen yang bagus tak lepas dari cara pengolahan lahan dan sistem tanam yang benar, hingga proses perawatan termasuk pemupukan yang harus tepat, baik waktu, jenis, dan dosis sesuai arahan dari PPL.

Terpisah, Danramil Matesih Kapten Inf Sutrisno mengatakan, “Pendampingan yang dilakukannya merupakan upaya khusus di bidang pertanian untuk membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan di wilayah. “Bila hasil panen para petani bagus, tentunya akan meningkatkan pendapatan petani dan dengan sendirinya swasembada pangan di wilayah akan tercapai,” pungkasnya.

(07-Pendim 0727/Kra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan