Peran Kodim Karanganyar Dalam Rangka Menjaga Kondusifitas Daerah

Category : Kabar Solo Raya

Karanganyar,Kabarjoglo.com  – Pengukuhan dan Rakor Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Karanganyar Tahun 2019, yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Karanganyar di Pendopo rumah dinas Bupati Kabupaten Karanganyar. Mayor Inf Suwarko selaku Kepala Staf Kodim 0727/Karanganyar sebagai narasumber memberikan materi dengan tema “Peran Kodim 0727/Karanganyar dalam rangka menjaga kondusifitas Daerah”. Senin (15/4)

Pada umumnya keberadaan Kodim Karanganyar dilingkungan bermanfaat untuk menciptakan stabilitas keamanan, dan berperan dalam menengahi berbagai kelompok masyarakat yang terdiri dari berbagai kepentingan yang sulit disatukan dan kerap kali menimbulkan pergesekan sosial. Karena itu, secara sosiologis Kodim 0727/Karanganyar berupaya melakukan restrukturisasi fungsi di tengah-tengah masyarakat, yaitu dengan memposisikan diri sebagai pihak yang turut menciptakan keteraturan sosial.

Tugas perbantuan TNI kepada Pemerintah Daerah sesuai Undang-Undang No. 34 Tahun 2004 tentang TNI, TNI-AD memiliki kewenangan untuk melaksanakan operasi militer selain perang (OMSP), yang salah satunya adalah perbantuan terhadap Pemerintah Daerah. Dengan berperan dalam mendorong proses pembangunan di daerah yang berkorelasi dengan terpenuhinya berbagai kepentingan publik.

“Ditambahkan Suwarko, Upaya perbantuan Kodim 0727/Karanganyar kepada Pemerintah Daerah diantaranya penanganan bencana alam melalui kerja sama dengan BPBD, membangun dan memperbaiki infrastruktur melalui TMMD dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Kerja sama bidang program swasembada pangan melalui (MOU) antara Kementerian Pertanian dengan TNI-AD sejak 2012, Pembinaan bela negara dan wawasan kebangsaan melalui kegiatan pelatihan Linmas, pembekalan bela negara kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan pelajar,”terang Kasdim.

(Tr-Pendim 0727/Kra)

Related Posts