Renungan Dan Ulang Janji Pramuka Hari Pramuka Ke-58

Wonogiri,Kabarjoglo.com – Danramil 14/Jatisrono Kapten Inf Subandi mewakili Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh, S.Sos., MH menghadiri kegiatan Renungan dan Ulang Janji dalam rangka Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 yang dilaksanakan di halaman pendopo Kecamatan Jatisrono, Selasa(13/8).

Hadir dalam kegiatan sebagai berikut Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, SH., Camat Jatisrono Endrijo Raharjo, S.Sos, MM., Danramil 14/Jatisrono Kapten Inf Subandi, Kapolsek Jatisrono AKP Kasimin, Koordinator bidang pendidikan Kec. Jatisrono, Pengawas TK, SD, SDLB, Kec. Jatisrono, Kamabigus Gudep SD, SMP, MTS, SMA, SMK se Kec. Jatisrono, Pengurus Pramuka Kwartir Ranting 16 Jatisrono, Kepala Desa se-Kec Jatisrono, Panitia HUT Pramuka ke-58 Kwaran 16 Jatisrono, Pembina Pramuka Gudep SD, SMP, SMAN, SMK Pancasila 2, SMK Pancasila 6 Jatisrono.

Sambutan yang disampaikan oleh Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, SH., antara lain baru saja kita mengikuti ulang janji Pramuka yang dilaksanakan pada malam hari ini dalam rangka untuk memperingati Hari Pramuka yang genap usia 58 tahun. Merupakan kebahagiaan bagi kami, tadi merasa haru dan bangga setelah mengikuti upacara hari ulang janji tadi, yang diikuti secara hidmat sampai-sampai meneteskan air mata, itu betul betul artinya kalau kita cinta tanah air.

Gerakan Pramuka harus dapat memberikan nilai tambah bagi anggotanya dan hal inilah yang perlu dikaji dan dikembangkan terus menerus oleh pusat pendidikan dan pelatihan (pusdiklat) dan pusat penelitian dan pengembangan kepramukaan (puslitbang) yang bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan. Peranan Satuan Karya Pramuka (Saka) perlu ditingkatkan untuk menciptakan peluang kerja yang berbasis pada kecakapan kecakapan khusus dalam setiap kridanya.

Bangsa ini hendaknya dapat membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, menjunjung kesatuan dan persatuan. Saya berpesan hendaknya Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis.

Untuk itu, saya mengharapkan kepada seluruh jajaran Pramuka utamanya anggota dewasa baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara, dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak. Hal ini menegaskan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI, (Pendim 0728/Wng).

Bagikan ini ke :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

SPONSOR