Warga Dukuh Tabang Kulon & Dagan Rejo Meriahkan HUT RI Dengan Karnaval


Boyolali, Kabarjoglo.com- Ratusan warga mulai dari anak-anak hingga lansia antusias mengikuti rangkaian acara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Minggu(18/8).
Salah satunya karnaval yang diikuti oleh warga Dukuh Tabang Kulon dan Dagan Rejo, Kelurahan Karang Kendal, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali.
“Ini untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI, sekaligus mempersatukan warga. Warga saling bekerjasama menampilkan kreativitasnya,” kata Bapak Sutardi, selaku tokoh masyarakat setempat.
Karnaval menampilkan marching band, tarian reog dari anak-anak serta sholawat keliling oleh warga Dukuh Tabang Kulon dan Dagan Rejo.
Tak hanya itu, warga lainnya juga memakai kostum adat, profesi, dan kostum unik. Karnaval yang diadakan setiap dua tahun sekali ini semakin bertambah jumlah pesertanya.

Hal itu terlihat dari ramainya peserta dan tampilan kreatif dari warga yang semakin banyak. Setelah selesai karnaval, dilanjutkan dengan isoma dan organ tunggal.
Kegiatan tersebut diprakarsai oleh para pemuda Taruna Harapan, didukung warga setempat yang terdiri dari 4 RT. Dipimpin oleh masing-masing ketua, juga dibantu oleh para mahasiswa KKN dari UMY.
“Ya ini karnavalnya semakin meriah. Ada pentas drumband keliling desa. Ditambah dengan memakai pakaian adat, sekarang macam-macam. Sekitar sebulan persiapan. Terdiri dari RW 1, yang terdapat RT 1,2,3, dan 4,” tutur Bapak Sutardi, di sela-sela kegiatan.
Sebelumnya, juga ada berbagai rangkaian yang telah dilakukan. Seperti, malam Sabtu, 16 Agustus 2019 diadakan tirakatan. Ada makan bersama, sholawatan, dan rebana dengan semua warga di rumah Bapak Sobari.
Lalu pada Sabtu, 17 Agustus 2019 diadakan upacara bendera di jalan raya Dukuh Tabangkulon-Tegalrejo diikuti semua warga.
“Ini gotong royong antar warga, tampilannya juga spontanitas warga. Semua senang dan berjalan meriah. Ada aneka ragam kesesenian juga,” ujar Bapak Sindu Hadi Premono, warga setempat.
Reporter : Suci Bangun Dwi Setyaningsih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan