Lolos Seleksi Event Boardgame Tingkat Internasional ESSEN SPIEL’19 di Jerman, Boardgame Karya Tim Mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Unjuk Gigi

Solo, Kabarjoglo.com – Prestasi di tingkat internasional dari Tim LOGI (League of Games ISI-Ska) Games sebagai karya mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta Angkatan 2018, yang terdiri dari Muhammad Rifan Ludfi, Machadz Abdul Adli Akhlishon, Muhammad Farid Imaduddin dan Liliana Kitty Sozanolo Harefa, dengan dosen pembimbing, yaitu : Rendya Adi Kurniawan, M.Sn. berhasil menembus babak final Indonesia to Essen Spiel’19 sehingga karya boardgame yang berjudul “Bela Pati Wars” akan dipamerkan dalam ajang Essen Spiel’19 di Jerman, bulan Oktober mendatang.

Tim LOGI berhasil lolos menjadi finalis setelah berhasil menyingkirkan 75 (tujuh puluh lima) boardgame lain dari seluruh Indonesia yang submit di ajang ini.

Final seleksi Indonesia to Essen Spiel’19 sendiri dilaksanakan di Ke:Kini Ruang Bersama di Cikini Raya, Menteng, Jakarta pada tanggal 13-14 September 2019

Karya boardgame Bela Pati Wars, dianggap merepresentasikan Indonesia dengan mengangkat keberanian kerajaan Sunda dalam melawan Majapahit dalam tragedi perang Bubat.

Seleksi pada babak final dilaksanakan dalam dua kelas yang berbeda, seleksi pertama dengan mempresentasikan segi marketing kepada dewan juri I, Made Dodi Narindra (BEKRAF). Kemudian penilaian gameplay oleh 3 (tiga) dewan juri dari APIBGI yaitu Erwin Skripsiadi (Hompimpa Games), Reza Kadir (Cuaca Cerah Games) dan Stephen (Hobby Indonesia).

Adapun dari segi marketing yang dinilai meliputi Knowledge Product, Product Values dan Product Marketbility. Sedangkan dari segi gameplay, aspek yang dinilai berupa Thematic Hook, Mechanical Hook, Originality, Interesting Gameplay dan Visual

Ajang Indonesia to Essen Spiel’19 sendiri merupakan acara yang digagas oleh APIBGI (Asosiasi Penggiat Board Game Indonesia) yang sepenuhnya didukung oleh BEKRAF yang bertujuan untuk mencari karya boardgame yang merepresentasikan Indonesia untuk dipamerkan dalam ajang internasional Essen Spiel’19 di Jerman.

Essen Spiel sendiri adalah ajang tahunan bergengsi bagi para pelaku industri boardgame di seluruh dunia, yang dilaksanakan di kota Essen, dimana seluruh kreator dan developer boardgame seluruh dunia berkumpul.

Prestasi ini sangat membanggakan ini khususnya Prodi DKV FSRD ISI Surakarta dimana kompetensi mahasiswa bisa teruji dan dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Rilis.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan