Ini Cara TNI Membentuk Karakter Ratusan Pelajar SMK N 2 Wonogiri


Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /home/kabarjog/domains/kabarjoglo.com/public_html/wp-content/themes/bloggingpro/template-parts/content-single.php on line 81

Wonogiri,Kabarjoglo.com  – Serma Gatot Haryanto di damping Sertu Sahid anggota Kodim 0728/Wonogiri, menegaskan, PBB (Peraturan Baris-berbaris) memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk pembentukan karakter, disiplin, dan jiwa nasionalisme.

Demikian salah satu arahan yang disampaikan Serma Gatot Haryanto saat memberi pelatihan PBB dan beberapa materi kepada ratusan pelajar SMKN 2 Wonogiri,Selasa (8/10/2019) siang.

“Kami memberikan teori terlebih dahulu, sekaligus dilanjutkan praktik PBB, sehingga para pelajar memiliki derap langkah yang tegas dan kompak,” jelasnya.

Menurut Serma Gatot, derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat untuk melaksanakan latihan.

“Pelatihan ini tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan pelatihan siswa-siswi adalah untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar, serta mengenal bangsanya sehingga pada akhirnya terbentuklah generasi bangsa yang kuat baik secara fisik, mental, maupun pikiran,” terang Serma Gatot.

Di tempat terpisah, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M Heri Amrulloh, S.Sos.,MH menambahkan, latihan PBB juga bertujuan untuk membentuk generasi muda Indonesia yang semakin mencintai negara dan bangsanya. Latihan PBB juga bermanfaat untuk memompa jiwa nasionalisme, dan disiplin dalam kehidupan.

“TNI melakukan pelatihan PBB kepada siswa-siswi guna meningkatkan nilai disiplin dan cinta Tanah Air Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Kemudian pelatihan PBB ini tidak hanya di SMK Negeri 2 Wonogiri saja akan tetapi dibeberapa sekolah yang nantinya kedepan dapat meningkatan disiplin untuk semakin lebih baik terlebih antara siswa dan guru antara sekolah dan siswa.

Ke depan, pelatihan ini dapat meningkatkan disiplin siswa dalam belajar, kemudian membentuk mental dan fisik siswa, supaya lebih baik, serta membentuk jiwa korsa dan kekompakan antar siswa dan guru.

“Siswa yang kita bina harus lebih baik, harus cekatan dan memiliki jiwa patriotik kepada negara. Karena estafet keberlanjutan negara ada pada generasi muda. Dengan adanya pelatihan seperti ini maka siswa-siswi kita terhindar dari pengaruh negatif sehingga apa yang kita harapkan bersama dalam membentuk sikap mental dapat kita bentuk dengan adanya keterlibatan TNI,” katanya.

Selain materi PBB yang disampaikan pelatih,ada materi lain meliputi, Budaya Disiplin. Wawasan Kebangsaan. Pembentukan Karakter Taruna. Pembinaan Mental. Pembinaan fisik. Leadhership dan Leadh spirit de corps (Pendim 0728/Wng)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan