Penjalinan Dan Pemantapan Kerjasama Universitas Terbuka Surakarta

Penjalinan Dan Pemantapan Kerjasama Universitas Terbuka Surakarta
Foto bersama usai acara pemantapan dan penjalinan kerjasama Univeristas Terbuka

Solo, Kabarjoglo.com – Universitas Terbuka Surakarta melaksanakan kegiatan Penjaringan dan pemantapan kerjasama di Ballroom Sunan Hotel pada hari Senin 18 Oktober 2019 . Adapun kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 pagi hingga 13.00 siang. Dalam kegiatan tersebut selain pemantapan kerja sama kepada para undangan juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama dengan para Mitra.

Universitas Terbuka Merupakan perguruan tinggi negeri yang telah berdiri selama 35 tahun. konsep UT sebagai kampus jarak jauh memiliki keunikan yang berbeda dengan kampus negeri yang lain. Salah satu keuntungan keunikan kan UT adalah daya jangkau yang luas dalam melayani mahasiswa. Dan memberikan akses pendidikan kepada mahasiswa sampai daerah pelosok. Oleh karena itu, harus menjalin kerjasama dengan para stakeholder untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar mahasiswa di daerah masing-masing.

Jalinan kerjasama dengan berbagai Mitra yang tertuang dalam acara ini terdiri dari penandatanganan nota kesepahaman dengan 6 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam bidang pengajaran mahasiswa,  pengabdian masyarakat ataupun penelitian dan peningkatan sumber daya manusia.

Satu Perjanjian kerjasama dengan Fakultas Hukum UNS dalam bidang praktik praktikum, dua nota kesepahaman dengan Kemenag dalam bidang : peningkatan kualifikasi pendidikan masyarakat bekerjasama dengan ikatan guru Raudhatul Atfal (IGRA) Sukoharjo. Nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama dengan Stikes nasional dalam bidang Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM), nota kesepahaman dengan Unwidha Klaten dalam bidang Tri Dharma perguruan tinggi, dan nota kesepahaman dengan pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam bidang peningkatan kualitas sdm, tenaga ahli, kegiatan ilmiah, kuliah kerja nyata, dan praktek kerja lapangan.

Secara umum nota kesepahaman yang ditandatangani berisikan kerjasama dalam bidang Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Khusus untuk Stikes nasional, Penjalinan Kerjasama yang dilakukan adalah program mata kuliah Mandiri PMKM.

PMKM sendiri merupakan program kerja sama yang mana UT sebagai pelopor e-learning di Indonesia memadai Stikes nasional untuk melaksanakan sistem pembelajaran blended learning yakni perpaduan kegiatan belajar melalui tatap muka dan secara online.

dalam kerjasama PMKM tersebut UT memadai pembelajaran dalam bentuk online e-learning yang selama ini memang menjadi ciri khas UT.

Rilis UT

Pos terkait

Tinggalkan Balasan