MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH ( MPLS ) VERSI SMP NEGERI 8 SURAKARTA.

SMP Negeri 8 Surakarta melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) / foto istimewa.

Surakarta, Kabarjoglo.com – Kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 8 Surakarta dimulai pada hari SeninRabu, 13 Juli 2020, tanggal 13 –15 Juli 2020  untuk kelas VII ( tujuh ) melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  ( MPLS ) yang diikuti oleh 253 siswa terdiri dari 116 siswa putra dan 137 siswa putra. Di bawah pimpinan Kepala Sekolah Triad Suparman, M.Pd. MPLS tahun ini dilaksanakan secara virtual, menyesuaikan masa sekarangyang sedang dilanda pandemi virus Covid-19Artinya anak-anak tetap berada di rumah masing-masing dan tidak ada satupun yang masuk sekolah.

Dalam susunan kepanitiaan, sebagai penanggung jawabadalah Kepala Sekolah Triad Suparman, M.Pd., dibantu Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd sebagai koordinator, Muji Widodo, S.Pd sebagai Ketua, Wiwin Andriyanto A, S.Pd sebagai sekretaris, bendahara oleh Sri Triwulan, S.Pd, dan didukung oleh koordinator kegiatan Murni, S.Pd., dibantu oleh anggotanya Ika Sri Hastuti, S.Pd., Imam Khoiruddin, S.Pd. M.PdI., Biyanto, S.Kom., Risqi Irvani Wulandari, S.Pd., Sutinah, S.Pd. dan penanggung jawab lapangan Nur Khasan, S.Pd. MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ) SMP Negeri 8 Surakarta di jadwalkan 3 hari, yakni :

1. Senin, 13 Juli 2020, jam 08.00 s/d 11.00 WIB dengan materi Profil Sekolah, Visi dan missi sekolah, brandingMantap Berkarya, Mars SMP Negeri 8 Surakarta. HariSenin dengan penanggung jawab Biyanto, S.Kom. danSutinah, S.Pd. Teknik pelaksanaan ; upload di youtubeSMP N 8 Surakarta. Tagihan untuk siswa yaitu dengan fotodan video siswa menyanyikan Mars SMP Negeri 8 Surakarta.
2. Selasa,14 Juli 2020 jam 08.00 s/d 11.00 WIB dengan materi Tata Tertib sekolah dan ekstrakurikuler. Penanggungjawab Murni, S.Pd. dan Ika Sri Hastuti, S.Pd. Teknikpelaksanaan untuk draf tata tertib dan ekstrakurikulerdiberikan kepada orang tua siswa waktu ke sekolahan danakan dicermati terlebih dahulu sebelum dikumpulkankembali ke sekolahan. Tagihan siswa adalah foto siswa danlembar persetujuan orang tua tentang kegiatanekstrakurikuler yang dipilih siswa.
3. Rabu, 15 Juli 2020 jam 08.00 s/d. 11.00 WIB dengan materi PPK ( Penguatan Pendidikan karakter ), SekolahAdiwiyata dan Sekolah Sehat. Penanggung jawab RisqiIrvani W, S.Pd. dan Imam K, M.PdI. Teknik pelaksanaandiupload di youtube SMP Negeri 8 Surakarta berupa video dan dokumentasi mengenai PPK, sekolah adiwiyata dansekolah sehat. Tagihan siswa adalah foto siswa.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) dibukaoleh Kepala SMP Negeri 8

Surakarta  secara virtual. Beliau menyampaikan kebijakan tahunajaran baru di masa pandemi. Kesehatan dan keselamatan adalahhal yang paling penting untuk diperhatikan. Kepala Sekolah jugamenekankan bahwa sekolah tetap dilarang untuk melakukankegiatan Masa Pengenalan Lingkungan ( MPLS ) secaralangsung. Sementara itu juga disampaikan pula bahwapelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SMP Negeri 8 Surakarta masih berada di zona merah, tentang pelaksanaanMPLS secara virtual melalui tayangan youtube.

Cerita menarik disampaikan oleh orang tua siswa yang langsung datang ke sekolah mendampingi putrinya, karena tidakbisa mengakses. Memang penting bagi orang tua untukmengetahui karakteristik anak, terutama terkait gaya belajaranak, sehingga dapat mendampingi anak belajar dengan optimal dan tetap menyenangkan walaupun di rumah saja. Siswa sendirijuga harus ikut berkontribusi agar pembelajaran jarak jauh bisaberjalan dengan lancar. Kenyataanya, belajar secara daring memiliki banyak kelebihan seperti fleksibilitas waktu dan carabelajar, serta menghemat tenaga dan waktu karena tidak perlumenempuh perjalanan pergi dan pulang sekolah. Siswa yang belajar dari rumah juga masih bisa membantu orang tua dirumah. Harapan sekolah dapat meningkatkan penggunaanteknologi komunikasi dan kemampuan guru dalam sistembelajar daring.

Catatan dari panitia bahwa absensi siswa dilakukan melaluiGoogle Form, siswa tetap mengenakan seragam SD masing-masing ketika menyaksikan materi MPLS. Produk MPLS berupafoto siswa yang menyaksikan video dari youtube dandikumpulkan pada wali kelas masing-masing. MPLS tahun ini luar biasa dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman yang begitu bermakana. Mengapa demikian ? Karena dengan moda daring baik dari tenaga pendidik dan siswa harus menguasai ilmu teknologi di era sekarang. Semua materi harus ditayangkan lewat daring. SMP Negeri 8 Surakarta menggunakan google class room sebagai media daringnya. Dengan Google class room siswa kelas VII ( tujuh ) seharusnya memiliki sarana yang memadai, akan tetapi apa bila anak yang kesulitan dalam MPLS daring akan di tangani secara khusus.

Pengenalan profil sekolah ditayangkan video keadaan riil sekolah, jadi peserta MPLS dapat mengenali keadaan lingkungan SMP Negeri 8 Surakarta melalui video yang ditayangkan lewat google class room dan youtube. Sedangkan Visi Misi sekolah merupakan landasan yang digunakan untuk mengantar siswa menuju dan melajutkan sekolah di jenjang yang lebih tinggi. Misi dan Visi SMP Negeri 8 yaitu “  BERPRESTASI, BERBUDAYA, BERWAWASAN LINGKUNGAN, BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA “. Sedangkan mars SMP Negeri 8 sebagai mars yang wajib dihafal dan dinyanyikan oleh seluruh warga besar SMP Negeri 8.

Materi Tata tertib berisikan aturan yang wajib dilaksanakan oleh siswa SMPN 8. Tata tertib ini merupakan kontrak orang tua siswa dengan pihak sekolah ( SMP Negeri 8 ). Aturan yang tertuang di dalamnya tidak ada yang berat untuk dilaksanakan oleh siswa SMP Negeri 8 Surakarta. Dan Tata tertib ini merupakan ciri khusus untuk mengantar siswa menyelesaikan belajar di jenjang SMP.

Materi Ekstrakurikuler merupakan Ekstra yang ada di SMP Negeri 8 Surakarta. Cabang ektrakurikuler yang ada di SMP Negeri 8 Surakarta sejumlah 15 cabang ekstra. Dari mulai cabang ekstra religius, pramuka, olah raga, seni, karya inovasi  juga karya ilmiah. Ekstra kurikuler ini untuk mewadahi minat dan bakat siswa agar bisa dikembangkan.

Materi PPK 5 nilai karekter utama yaitu religuius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Di SMP Negeri 8 Surakarta dalam kegiatan sehari – hari baik di sekolah maupun di rumah wajib diterapkan. Di dalam PPK budaya orang Solo termasuk di dalamnya. Dari mulai anak masuk pintu gerbang pagi hari sampai pulang sekolah meninggalkan lingkungan SMP Negeri 8 selalu mengimplementasikan PPK.

Materi Sekolah Adiwiyata dan sekolah sehat merupakan materi hari terakhir di MPLS di SMP Negeri 8 Surakarta. SMP Negeri 8 Surakarta telah meraih prestasi Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional dan Sekolah Sehat juara II tingkat kota. Akan menjadi tantangan SMP Negeri 8 Surakarta untuk maju ke sekolah Adiwiyata tingkat mandiri dan sekolah sehat juara I tingkat kota.

Hari terakhir MPLS Rabu, 15 Juli 2020 pukul 13.30 WIBMPLS dinyatakan ditutup. Penutupan dilaksanakan oleh Waka kesiswaan Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. bersama stafnya Murni, S.Pd. dan Ika Sri Hastuti, S.Pd . Harapannya SMP Negeri 8 Surakarta dapat meningkatkan prestasi yang sudah diperoleh baik bidang akademik dan non akademik minimal dapat mempertahankan. Ditegaskan juga bila meski sistem yang dilakukan secara daring para siswa ditekankan untuk tahutentang peraturan yang ada di sekolah. Jika wabah ini sudahmereda dan kembali sekolah seperti biasa, para siswa sudah tahuapa saja yang boleh dan tidak untuk dilakukan. SMP Negeri 8 Surakarta “Mantap Bekarya”.

Berita Lainnya

ADVERTISEMENT

Berita Terbaru

Kabar Pilihan

ADVERTISEMENT

SPONSOR