Upaya Cegah Malaria Dansatgas Lakukan Fogging dan Pengecekan Rapid Diagnostic Test (RDT) Pada Warga.

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Kaliasin melaksanakan kegiatan pencegahan penyakit malaria dengan menggelar pengasapan (fogging) dan pengecekan Rapid Diagnostic Test (RDT) kepada Warga Kampung Kibay Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom. / Foto istimewa.

 

Jayapura, Kabarjoglo.com – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Kaliasin melaksanakan kegiatan pencegahan penyakit malaria dengan menggelar pengasapan (fogging) dan pengecekan Rapid Diagnostic Test (RDT) kepada Warga Kampung Kibay Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Rabu (9/9/2020)

Dijelaskan Dansatgas, kegiatan fogging dipimpin Danpos Kaliasin Letda Inf Ravio Mourbas ini sebagai upaya pencegahan penyakit malaria yang sering dialami warga Papua.

“Yang kami lakukan untuk menekan penyakit malaria yang sering dialami warga di Papua. Untuk itu pengasapan (fogging) ini dilakukan agar perumahan warga terhindar dari sarang nyamuk,” tuturnya.
Dirinya menjelaskan, sebelum pelaksanaan fogging dirinya telah berkoordinasi dengan Kepala Kampung Kibay untuk memberikan pemahaman kepada warganya.

“Ini wujud kepedulian kita untuk menjamin kesehatan masyarakat Kampung Kibay, khususnya dalam pencegahan malaria. Puji syukur Kepala Kampung sangat mendukung, ” ujar Anggun.

Ditambahkannya bahwa kegiatan tersebut akan digelar secara rutin dan berkelanjutan mengingat keterbatasan jumlah alat RDT dihadapkan dengan jumlah masyarakat Kampung Kibay.

“Hari ini kita sudah melaksanakan fogging di seluruh rumah warga, namun untuk pengecekan RDT malaria, kita baru selesaikan di Warga RT 01 masih tersisa RT 02 dan RT 03, kita lakukan bergantian, ” jelasnya.

“Upaya ini merupakan wujud nyata pengabdian kami kepada masyarakat di perbatasan dalam penanganan kesehatan, dan kami akan terus melakukan koordinasi dengan aparatur desa untuk memberikan pemahaman dan kesadaran hidup sehat kepada masyarakat, ” pungkasnya (Dispenad)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan