Hari ini : Selasa, 21 September 2021 03:45

SEMARAK GEBYAR MUHARRAM BAYD SALIMAH SUKOHARJO


Sukoharjo – Dalam rangka menyambut bulan Muharram 1443 H PD Salimah Sukoharjo bekerjasama dengan seluruh PC Salimah menyelenggarakan serangkaian kegiatan “Semarak Gebyar Muharram 1443 H” dengan tema: “Sayangi Anak Yatim Indonesia.” Bulan Muharram adalah bulan pertama dari tahun Hijriyah dan merupakan salah satu bulan istimewa di antara bulan-bulan yang lain. Serangkaian acara yang diselenggarakan Departemen Pendidikan PD dan PC Salimah Sukoharjo meliputi santunan anak yatim dan dhuafa’, lomba menulis dan silaturahmi pengurus Bina Anak Yatim dan Dhuafa’ (BAYD).

Kegiatan santunan kepada anak yatim dan dhuafa dilakukan oleh BAYD PC Salimah se-Kab. Sukoharjo yang dilaksanakan selama bulan Muharram. Total santunan diberikan kepada 94 anak yatim dan dhuafa dalam bentuk bingkisan dan uang saku. PC Polokarto memberikan santunan kepada anak yatim/piatu pada Senin, 30 Agustus sejumlah 3 Anak dan tgl 4 September 2021 sejumlah 10 anak. PC Salimah Baki melaksanakan santunan anak yatim pada hari Jum’at, 3 September 2021 pada 7 anak yatim dan dhuafa. PC Grogol baru melaksanakan santunan kepada anak yatim dan dhuafa pada jumat, 3 September 2021 sebanyak 10 anak. PC Bendosari memberikan santunan kepada anak yatim dan dhuafa sebanyak 45 anak PC sukoharjo 9 dan PC Kartasura sebanyak 10 anak.
Kegiatan kedua adalah lomba menulis dari peserta anak binaan BAYD PC Salimah se-Kabupaten Sukoharjo dengan tema “Pengalaman ku Selama Pandemi”. Peserta yang mengikuti lomba menulis sebanyak 19 anak dari perwakilan PC Salimah se-Kabupaten Sukoharjo. Pemenang lomba menulis juara 1 dari PC Baki atas nama Salma Ulin Nuha, juara 2 dari PC Bendosari atas nama Melinda Devianti, juara 3 dari PC Bendosari atas nama Ainaya Salsabila, juara harapan 1 dari PC Kartasura atas nama Nuri Setyaningsih, juara harapan 2 dari PC Sukobarjo atas nama Rose Karima dan juara harapan 3 dari PC Sukoharjo atas nama Sahara Dewi. Setiap pemenang mendapatkan uang pembinaan dari PD Salimah Sukoharjo.

Peserta Zoomeeting Semarak Gebyar Muharram 1443 H
Puncak acara semarak gebyar Muharram 1443 H adalah Silaturahim Pengurus BAYD Se- Kab Sukoharjo dengan peserta seluruh pengurus BAYD se-kabupaten Sukoharjo dan Pengurus PD Salimah Sukoharjo. Acara ini diselenggarakan pada hari Ahad, 5 September 2021 dan dihadiri oleh 32 pengurus BAYD se-Kabupaten Sukoharjo dan pengurus PD Salimah Sukoharjo melalui aplikasi zoomeeting. Acara dibuka dengan pembacaan tilawah oleh dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Salimah. Sambutan disampaikan oleh Arin Rahmawati, S. Pd selaku Ketua PD Salimah Kabupaten Sukoharjo yang menyampaikan bahwa di dalam QS An-Nisa ayat 36 Allah memerintahkan untuk berbuat baik dan menyayangi anak yatim sebagaimana dalam hadits bahwasanya siapa yang menyayangi anak yatim kelak akan di kumpulkan bersama-sama di surga. Akan banyak sekali pahala dan surga yang menanti kelak kepada pengurus BAYD. Kita tidak hanya menyayangi dan menyantuni anak yatim dan dhuafa tetapi juga membina sehingga anak yatim itu bahagia tidak hanya jasadiyah tetapi juga ruhiyah, jelas Arin Rahmawati.

Sambutwn Ketua PD Salimah Sukoharjo
Acara silaturahim ini menjadi ajang untuk sharing terkait manajemen pengelolaan BAYD. Materi disampaikan oleh Sundari, S.S selaku ketua BAYD PD Salimah Sukoharjo tentang profil BAYD PD Salimah Sukoharjo. Sundari menyampaikan bahwa BAYD PD Salimah Sukoharjo merupakan program PD Salimah Sukoharjo yang operasionalnya diselenggarakan PD Salimah dan PC Salimah Bendosari dan MT Binaan PC Salimah Bendosari. Kegiatan BAYD PD Salimah Sukoharjo sekarang telah berkembang baik kegiatan pekanan, semesteran,tahunan dan beberapa kegiatan insidental. BAYD PD Salimah Sukoharjo telah memiliki wisma yatim yang menjadi pusat kegiatan BAYD dengan donatur dari masyarakat dan pengurus Salimah se-Kabupaten Sukoharjo juga donatur tetap dari Kantor Pajak, Kantor Kemenag, BAZNAS, Polres Sukoharjo, Donatur Perseorangan dan Sedekah dari keluarga orang yang meninggal dunia, jelas Sundari.

Penyampaian Materi Ketua BAYD PD Salimsh Sukoharjo
Acara sharing dari masing-masing BAYD PC Salimah terkait dengan trik dan tips dalam pengelolaan BAYD agar dapat mengelola sumber daya yang ada dalam membina anak yatim dan dhuafa juga orang tua terutama ibu. Acara ditutup dengan penyampaian pengumuman lomba menulis anak binaan BAYD se-Kabulaten Sukoharjo. Barakallah fiikum kepada seluruh pengurus Departemen Pendidikan PD Salimah Sukoharjo dan seluruh pengurus BAYD se-Kabupaten Sukoharjoa yang telah mensukseskan kegaitan “Semarak Gebyar Muharram 1443 H”. Semoga Allah menggantikan setiap kerja dan Lelah ibu-ibu dengan pahala yang berlipat ganda. Barakallahu juga kami sampaikan kepada seluruh donatur yang telah berkenan memberikan kepercayaan kepada seluruh pengurus BAYD Salimah dalam menyampaikan amanahnya untuk berbagi kebahagiaan kepada anak yatim dan dhuafa’.

 

Related Posts

Terkini

Sponsor