Hari ini : Minggu, 24 Oktober 2021 09:56

Tim Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 tahun 2021 Adakan Lomba Poster Siswa

Solo – Program Kampus Mengajar telah diluncurkan oleh Menteri Kemendikbudristek, Nadiem Makarim, bahwa dalam program Kampus Mengajar ini mahasiswa dari seluruh Indonesia diajak berkolaborasi dan berkreasi selama 12 minggu untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah dasar, terutama yang di daerah 3T. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program Kampus Mengajar angkatan pertama dan kedua di tahun 2021, hal ini merupakan wujud implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang memberi kesempatan kepada para mahasiswa dari semua program studi di Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia untuk terjun langsung memberikan kontribusi terbaiknya di seluruh Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh tim mahasiswa  Kampus Mengajar Angkatan 2 tahun 2021 yang berlokasi di SMP Negeri 15 Surakarta, diantara ikut membantu pembelajaran juga merancang event sebagai media dalam menuangkan gagasan dan kreativitas siswa lewat lomba desain poster perayaan dirgahayu kemerdekaan Indonesia ke 67 yang mengangkat tema Peringatan Kemerdekaan di Tengah Pandemi dengan peserta terbuka seluruh siswa SMP Negeri 15 Surakarta.

Beragam pesan dan gaya visual yang dituangkan dalam media kertas ukuran A3 dihasilkan oleh siswa SMP Negeri 15 Surakarta ini menjadi terlihat beragam dengan berbagai media yang digunakan seperti pensil, spidol, cat air, cat poster dan lainnya menambah semarak dalam kegiatan lomba poster yang diadakan secara internal dalam program Kampus Mengajar yang khusus lomba ini dilaksanakan secara daring dikarenakan masih dalam kondisi PPKM.

Dosen Pembimbing yaitu Basnendar Herry Prilosadoso, S,Sn., M.Ds dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta menjelaskan bahwa tujuan kegiatan sebagai bagian dari Program Kampus Mengajar Angkatan 2 tahun 2021 ini untuk menumbuhkan kreativitas, semangat belajar siswa walaupun pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh karena pandemi Covid 19. Peserta mengumpulkan desain poster dengan mengunggah di instagram masing-masing atau mengumpulkan secara langsung ke sekolah, sekaligus memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke 68 tahun 2021.

Pengumuman juara pada 30 Agustus 2021 melalui akun instagram kamjarsmpn15Surakarta, dimana hadiah berupa pulsa untuk juara pertama sebesar 100 ribu, juara kedua 75 ribu, juara tiga 50 ribu dan juara favorit kategori like terbanyak sejumlah 100 ribu.

Tim pelaksana lomba ini dari mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 ini diketuai oleh Alfan Muhyar Faza, dengan Adinda Gita P L, Gabriella Anjani, Hanun Almas D, Hidayatul Millati, Ratna Hayu F W, Verliya Veriani, dan Zahra Nuruu sebagai anggota pelaksana.

Sebagai pemenang Juara 1 diraih oleh Maria Pangestika A.S (kelas VII H),  Juara 2 diraih Zahra A’isyah Hapsari (kelas IX C), untuk Juara 3 diraih oleh Vania Intan Agata (kelas IX A ), dan sebagai Juara Favorit didapatkan oleh Zahrotul Aisyah (kelas IX B ) dengan meraih 2,274 Like di akun Instagram.

Menurut Alfan Muhyar Faza selaku ketua pelaksana, bahwa kegiatan untuk memberi alternatif siswa diantara kondisi PPKM dan pembelajaran daring agar tidak terlalu membosankan serta memberi ruang ekspresi bagi siswa untuk berkreasi lewat desain poster ini.