Adu Bakat Coffee Brewing di C&L Coffee

SOLO – Manual coffee brewing, atau yang merupakan teknik penyeduhan kopi secara manual dengan menuangkan air panas ke atas gilingan biji kopi dan dibiarkan untuk menetes.
Salah satu metode penyeduhan kopi yang cukup populer yaitu metode V-60. Umumnya, metode ini dilakukan dengan cara menuangkan air panas secara perlahan di sekitar bubuk kopi di atas alat dengan gerakan melingkar.
Pada Senin, 27 Desember 2021, C&L Coffee menyelenggarakan kegiatan yang bekerjasama Home Coffee Roastery dan Solo Barista Course bertajuk Fun Brewing V-60 Battle. Fun Brewing V-60 Battle merupakan kompetisi terbuka bagi para barista terlatih untuk menunjukkan keahliannya dalam menyeduh kopi menggunakan metode V-60. Kompetisi ini diikuti sebanyak kurang lebih 40 peserta yang berasal dari berbagai daerah, mulai dari Kota Solo, Sragen, Pekalongan, Bogor, hingga Denpasar.
Peserta yang hadir diberikan nomor secara acak, dan dibagi menjadi beberapa group yang masing-masing terdiri dari dua orang sesuai nomor yang didapatkan. Para peserta mengikuti seluruh babak pertandingan sejak pukul 10 pagi dan melewati berbagai tahap penilaian hingga babak final.
Penilaian dilakukan oleh jajaran juri, yaitu Haryo dari Dav Coffee Roastery, Wisnu dari Pratter Coffee Roaster, Adji dari Solo Barista Course, Laela dari Shine Coffee Roaster, Alfian dari Rumah HAKI Solo, dan Dofi dari Dov Coffee Roaster.
Babak final diikuti oleh empat peserta, yang beradu kemampuan untuk mendapatkan hadiah senilai jutaan rupiah bagi tiga orang pemenang.
Juara pertama berhasil diraih oleh Muhammad Syafiq Fajar dari 17:18 Coffee Shop, juara kedua diraih oleh Farhan Oddi dari Drink Mamata, dan juara ketiga diraih oleh Alexander dari RTB Factory.
Ke depan, kompetisi serupa akan rutin dilaksanakan di C&L Coffee dengan berbagai konsep yang lebih menarik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan