Hari ini : Minggu, 22 Mei 2022 08:53

Program Kerja KKN Univet: Rumah Cerdas Univet Untuk Anak-Anak di Dukuh Krebet

Sukoharjo – Pandemi Covid-19 masih menjadi permasalahan yang belum terselesaikan hingga saat ini. Selama pandemi covid -19 mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan KKN mandiri di lingkungan desa masing-masing.
Adhitya Fajar Kurniawan mahasiswa dari Prodi PGSD melaksanakan KKN di Dukuh Krebet Rt 05 Rw 05, Desa Kedungwinong, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo.

Dalam KKN periode II universitas veteran bangun nusantara mengambil tema “Pendidikan Masyarakat di masa Pandemi COVID-19”. Salah satu program kerja yang dilaksanaakan Adhit adalah Rumah Cerdas Univet, Rumah cerdas univet merupakan suatu tempat untuk menyelesaikan permasalah yang ada di lingkungan tempat tinggal mahasiswa.

Kegiatan awal KKN, Adhitya mengurus perizinan dan sosialisasi kegiatan KKN kepada ketua RT Suratin yang akan dilaksanakan selama 45 hari terhitung dari tanggal 1 februari 2022- 17 maret 2022.
Rabu, 9 Februari 2022, Adhitya melaksanakan program kerja “Rumah Cerdas Univet” dimulai dengan memberikaan sosialisasi dan melaksanakan senam sehat dengan anak-anak.

Sedangkan tangal 10 februari 2022 anak-anak melaksanakan kegiatan belajar bersama.Masyarakat terutama orangtua sangat mendukung kegiatan ini karena selama pandemi dan PPKM yang berkepanjangan anak-anak merasa bosan dan malas belajar. Anak-anak yang sudah lama libur merasa rindu bermain dan berlajar bersama teman-temannya.

Rumah Cerdas Univet (RCU) menjadi tempat anak-anak untuk belajar dan bermain. Disini anak-anak diberi bimbingan belajaran dan diajak bermain untuk menghilangkan kebosanan dan menambah semangat belajar.

Dalam prosesnya RCU diikuti oleh 5 anak. Kegiatan pembelajaran diantaranya adalah mengerjakan tugas sekolah bersama dan gerakan literasi. Sedangkan untuk permainannya mereka bermain permainan tradisional seperti engklek, congklak, dan bermain bola.

error: Content is protected !!