Mahasiswa KKN Univet Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Sukoharjo, kabarjoglo.com – Nursiah Yullianti, salah satu mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan kegiatan KKN periode ke-2 yang terletak didesa Banmati RT 03 RW 01, Kelurahan Banmati, Kecamatan Sukoharjo. Senin (14/03/2022).

Dalam rangka kegiatan KKN ini, Nursiah selaku Mahasiswa KKN melaksanakan program kegiatan pada minggu kelima dan keenam yaitu “Meningkatkan Kesehatan Masyarakat” yang dimulai sejak Selasa, 01 Maret 2022 hingga Minggu, 13 Maret 2022.

Bacaan Lainnya

Kegiatan pertama dilakukan pada hari Selasa, 01 Maret 2022 yaitu Penanaman TOGA UVBN ( Tanaman Obat Keluarga )  berupa tanaman  jahe merah, kunyit kuning, kunyit putih,dll. Penanaman ini sangat bermanfaat untuk pembuatan jamu oleh keluarga atau masyarakat yang membutuhkan tanaman obat ini.

Kegiatan Kedua  dilakukan pada hari Jum’at, 04 Maret 2022 yaitu melaksanakan sosisalisasi 6 langkah cuci tangan kepada adik adik yang selesai mengikuti bimbingan RCU ( Rumah Cerdas Univet ). Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir sangat penting bahkan cara yang paling sederhana yang terbukti secara ilmiah efektif untuk melindungi dari bakteri, virus dan microorganisme lainnya yang berbahaya. Tangan yang bersih adalah tangan yang tampak bersih, kasat mata atau tidak kotor dibagian telapak tangan.  Tujuan diadakan sosialisasi mencuci tangan yaitu mencegah penyebaran COVID-19, menghancurkan virus supaya mati yang ada di tangan bahkan supaya adik adik paham bagaimana urutan Langkah cuci tangan yang benar.

Kegiatan ketiga dilakukan pada hari Kamis, 10 Maret 2022 terdapat 2 program kerja yaitu, pertama penempelan pamflet pencegahan Covid-19 varian baru Omicron dan penempelan Langkah – Langkah cuci tangan di poskampling dan masjid Al Maghfiroh RT 03 RW 01 Banmati, Sukoharjo. Agar masyarakat sekitar bisa menerapkan hidup sehat dan selalu mematuhi protokol Kesehatan supaya aman untuk keluarga dan masayarakat sekitar. Kedua membagikan paket Kesehatan yang berupa ( masker, hendsenitizer, minuman jahe dan stiker KKN ). Paket Kesehatan ini dibagikan kepada orang tua/lansia dilingukungan sekitar RT 03 RW 01, Banmati, Sukoharjo.

Kegiatan keempat dilakukan pada Minggu, 13 Maret 2022 yaitu melaksanakan pembuatan pamflet senam yang akan dishare di group whattsApp ibu – ibu dan lingkungan luar supaya banyak yang mengikuti senam sehat pada setiap hari Minggu. Senam ini tidak hanya diikuti oleh ibu  ibu tetapi juga ikuti anak remaja. Senam sehat diadakan didepan poskampling RT 03 RW 01. Tujuan diadakan senam yaitu hiburan di hari libur dan olahraga ringan yang membuat badan sehat dan bugar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan