KKN Periode II Univet Bantara Sukoharjo Edukasi Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Sukoharjo – Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dan merupakan salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Karena pada saat ini masih dalam kondisi Covid-19 maka KKN Univet Bantara ini dilaksanakan secara mandiri selama 45 hari pada tanggal 1 Februari – 17 Maret 2022 di lingkungan tempat tinggal mahasiswa dengan tema “Pendidikan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19”. Pada KKN Mandiri ini Vergytta melaksanakan KKN di Dukuh Watulumbung, Kelurahan Watubonang, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo.

KKN Univet Bantara mempunyai program unggulan yaitu Rumah Cerdas Univet (RCU) yang merupakan rumah manajemen seluruh kegiatan KKN. RCU ini terdiri dari 4 bidang yaitu bidang pendidikan, ekonomi kreatif, kesehatan dan sosial budaya.
Terdapat program kerja utama dan program kerja penunjang pada KKN Mandiri ini. Program kerja utama yang dipilih Vergytta di Dukuh Watulumbung ini yaitu di bidang pendidikan, dan untuk program kerja penunjang di bidang kesehatan.

Pada hari Minggu, 13 Maret 2022 Vergytta melaksanakan program kerja penunjang yaitu Edukasi cara mencuci tangan yang benar kepada anak-anak di Dukuh Watulumbung. Vergytta mengajarkan 6 langkah cara mencuci tangan yang benar karena banyak anak-anak yang kurang memperhatikan perilaku mencuci tangan dan belum mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Anak-anak di Dukuh Watulumbung sangat antusias dan memperhatikan saat Vergytta mengajarkan cara mencuci tangan, 6 langkah mencuci yang benar yaitu pertama, menggosok kedua telapak tangan, kedua menggosok punggung tangan, ketiga menggosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari, keempat jari-jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci, kelima menggosok ibu jari berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya, dan yang terakhir menggosok dengan memutar ujung jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya.

Kita harus selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, salah satunya yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun merupakan hal yang sangat penting dilakukan apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, karena dapat mencegah penyebaran virus covid-19.

Mencuci tangan merupakan hal baik yang dapat kita ajarkan kepada anak-anak untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Dengan adanya edukasi mencuci tangan ini diharapkan anak dapat mengetahui pentingnya mencuci tangan, dan dikemudian hari dapat menjadi kebiasaan yang baik untuk kesehatan anak-anak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan