KKN Univet : Penanaman Bibit Jahe di Polybag

Yogyakarta – Dwi Yogo Cahyono, salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melakukan kegiatan KKN Mandiri Periode 2 di lingkungan tempat tinggalnya, yang terletak di Rt 04, Rw 12 dusun Karangpoh kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Kegiatan KKN dimulai sejak tanggal 1 Febuari tahun 2022 hingga 17 Maret 2022. Dalam rangka kegiatan KKN Mandiri periode ke 2 ini Yogo selaku mahasiswa KKN telah melakukan beberapa program kerja salah satunya yaitu RCU (Rumah Cerdas Univet) dengan melakukan kegiatan menanam bibit jahe di polybag bersama anak anak dan melakukan kegiatan bernyanyi lagu daerah bersama-sama, yang dilakukan di lingkungan tepat tinggalnya di dusun Karangpoh, Rt 04/Rw 12 kecamatan Semin kabupaten Gunungkidul.

Kegiatan menanam bibit jahe dilakukan pada hari jumat, 11 Maret 2022, program ini dilakukan untuk menambah keterampilan bagi anak anak sekaligus penanaman tanaman herbal yang berguna untuk kesehatan tubuh di saat pandemi Covid 19.

Anak anak begitu antusias mengikuti kegiatan ini, hal ini dapat dilihat dari ketika melakukan kegiatan mereka tidak merasa jijik ataupun enggan saat memegang tanah ataupun pupuk kompos.

Selain itu, antusias anak anak dapat dilihat ketika kegiatan penanaman berlangsung salah satu anak mengatakan ingin membawa pulang bibit jahe yang sudah di tanam.

“Mas iki ngko taneman jahe ne tak gowo bali yo” ucap salah satu anak yang bernama Aulia.

Selain kegiatan menanam bibit jahe di polybag, yogo juga melakukan kegiatan bernyanyi lagu daerah bersama yang ia lakukan pada Hari jumat, 11 Maret 2022, hal ini dilakukan agar lagu lagu daerah sebagai salah satu kebudayaan nasional tetap terjaga dan lestari di kalangan anak anak, sehingga tidak akan hilang maupun punah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan