Aviarna Industri Estate Adopsi Teknologi ECO GREEN (PLTS dan PLTB) Bersama Hyundai HICO dan PT Artha Sarana Mekar

Semarang, Kabarjoglo.com – PT Artha Sarana Mekar yang bergerak dibidang pengembangan di kawasan Aviarna Industrial Estate di Semarang lakukan Nota Kesepahaman dengan PT. Kertagama Nuswantoro Group yang disaksikan langsung oleh CEO Hyundai HICO Corporation  Mr. Ma Yong Kyu dari Korea, selanjutnya akan dilakukan MoU (Memorandum of Understanding) pada bulan mendatang. Rabu (22/06/2022).

Iman Sugiarto selaku CEO PT. Kertagama Nuswantoro Group mengatakan, ”secepat mungkin kita harus beralih ke energi terbarukan. Sebab, energi fosil semakin lama semakin habis dan ini sudah menjadi program dari pemerintah pusat. Jadi peralihan dari energi fosil ke energi terbarukan tersebut sudah tertuang didalam undang-undang nomer 16 tahun 2016 silam,” ucapnya.

Dalam peralihan tersebut, akan dilakukan pembangunan produksi PLTB dan PLTS yang nantinya akan dibangun di kawasan Aviarna Industrial Estate Semarang.

Menurutnya, dengan energi terbarukan tersebut akan lebih efisien karena tidak memerlukan bahan bakar dan juga hemat untuk maintenance (pemeliharaan) serta garansinya cukup panjang sekitar 20 tahun tanpa perlu lubrikasi pada turbin pembangkit daya. Tak hanya itu, daya listrik yang dihasilkan lebih stabil dikarenakan teknologi ESS (Energy Storage System) yang tidak dimiliki oleh sistem sekelasnya.

“Ini melibatkan Hyundai HICO Corporation dari Korea dan PT Artha Sarana Mekar,” jelasnya.

Iman Sugiarto berharap, Indonesia dapat memanfaatkan peluang sebesar mungkin karena hal ini sangat mendukung untuk energi terbarukan (ETB) dan salah satu keunggulan di Indonesia yakni memiliki dua musim.

Pada musim panas umumnya di Indonesia memiliki angin yang sangat mendukung untuk beroperasinya sistem ini. Pada musim penghujan juga tidak menjadi masalah dan hambatan pada sistem yang akan diimplementasikan.

“Dengan adanya dukungan dari semua pihak di wilayah terkait sekaligus perijinannya, maka memanfaatkan secara simultan dengan energi terbarukan akan menjadi harapan baik untuk pemanfaatkan tenaga dari non fosil.” tandasnya.

Sementara itu, Basuki selaku Direktur Utama PT Artha Sarana Mekar mengatakan, untuk kawasan Aviarna Industrial Estate ini segera akan diimplementasikan energi terbarukan ini.

Sistem yang sangat Eco Green (ramah lingkungan) ini akan menjadi satu barometer penting bahwa sebuah kawasan Industri bisa menjadikan lingkungan yang lebih bersahabat dan lebih efisien bagi generasi kita di masa mendatang, tanpa mengurangi utilitas dan fungsionalitas sebuah kawasan Industri terpadu yang mengadopsi Teknologi terkini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan