SAKA BHAKTI HUSADA GUGUS LATIH FKMIK UNIVET BANTARA MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGURUS DENGAN KURSUS ORIENTASI

SUKOHARJO, Kabarjoglo.com -Dalam rangka meningkatkan kompetensi pengurus Saka Bhakti Husada (SBH) Gugus Latih FKMIK Univet Bantara Sukoharjo mengadakan kegiatan Kursus Orientasi (KO) pada hari Senin, 27 Juni 2022 di Kidoland Nguter Sukoharjo. KO diselenggarakan dari pukul 08.00 – 15.00 yang diikuti oleh 15 dosen, 9 tenaga kependidikan, dan 14 orang mahasiswa dengan total peserta 38 orang.
Kebutuhan dan perkembangan Gerakan Pramuka menghendaki agar SBH dapat menyesuaikan dengan perkembangan kelembagaan negara, kemajuan di dunia kerja serta pertumbuhan profesibaru akibat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni supaya dapat menyerap aspirasi peserta didik. Berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Sukoharjo nomor: 05/A/FKM-Dk/Univet.Btr/II/2020 tanggal 17 Februari 2020 tentang penyelenggaraan peekuliahan Nilai Kejuangan II (Saka Bhakti Husada) pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Sukoharjo maka perlu adanya kompetensi khusus sebagai pengajar mata kuliah tersebut. Oleh karena itu, setiap pengajar mata kuliah tersebut harus memiliki kompetensi kepramukaan dan kesakaan bagi pengurus SBH Gugus alatih FKMIK Univet Bantara.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi tersebut maka perlu dilaksanakan kegiatan KO. Penyelenggaraan KO SBH bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang Kesehatan melalui pemberdayaan anggota Gerakan pramuka. Tujuan yang kedua adalah agar pengurus SBH Gugus Latih FKMIK Univet Bantara Sukoharjo diharapkan dan diupayakan untuk menjadi agen perubahan dan pendidik sebaya untuk menggerakan masyarakat sekitarnya terutama generasi muda dalam menerapkan perilaku hidup sehat.

Upacara Pembukaan Kursus Orientasi
KO dibuka dengan upacara bendera yang dipimpin oleh Pembina Upacara dalam hal ini adalah Dekan FKMIK Univet Bantara Kak Wartini, SKM., M.Sc. dalam kegiatan upacara ketua penyelenggara Kak Titik Haryanti, S.K.M., M.P.H. menyampaikan laporan kesiapan peserta KO yang terdiri dari 15 orang dosen, 9 tenaga kependidikan dan 14 mahasiswa serta instruktur 3 orang dari Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukoharjo.

Materi 1 Orientasi Kegiatan dan Dinamika Kelompok
Dalam sambutannya Dekan FKMIK Univet Bantara Kak Wartini, SKM., M.Sc menyampaikan bahwa penyelenggaraan KO merupakan salah satu wujud upaya FKMIK Univet Bantara Sukoharjo dalam ikut serta mempersiapkan alumni menjadi generasi yang berwatak, bermoral serta memiliki budi pekerti luhur. Suatu kebijakan yang strategis apabila dosen, tendik dan mahasiswa mendapatkan bekal dengan ketrampilan dan pengetahuan di bidang kepramukaan melalui SBH. Dalam sambutannya Dekan FKMIK Univet Bantara Sukoharjo mengajak kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan KO dengan sebaik-baiknya penuh rasa tanggung jawab. Sambutan diakhiri dengan mengingatkan slogan Gerakan pramuka dunia “Creating Better World” atau diterjemahkan secara bebas “membantu, membangun dan membuat dunia lebih baik”.

Kegiatan KO dilaksanakan dalam bentuk materi dan dinamika kelompok. Materi diawali dengan orientasi kegiatan dan dinamika kelompok oleh Kak Wardiyanto. Materi berisi tentang urgensi orientasi kepramukaan yang dikemas dengan kegiatan di alam terbuka, yang menarik, dan menantang serta melkbatkan semua peserta untuk berdinamika.

Materi kedua disampaikan oleh Kak Dawam dengan materi fundamental keparamukaan dan PDK MK. Pada sesi ini narasumber menguatkan pemahaman peserta tentang landasan Pendidikan kepramukaan, meningkatkan wawasan dan dinamika perkembangan keparamukaan di Indonesia dan menanamkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan sebagai dasar membina.

Materi ketiga tentang tugas fungsi anggota dewasa dalam Gerakan pramuka dan studi kasus yang disampaikan oleh Kak Luwes selaku Kepala Pusdiklat Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Sukoharjo. Narasumber mengkaji paradigma kepembinaan dalam Pendidikan kepramukaan, mendiskusikan cara mengatasi problematika membina peserta didik, menguatkan jiwa dan peran anggota dewasa dalam Pendidikan kepramukaan, mendalami fungsi dan tugas anggota dewasa dalam Gerakan pramuka dan studi kasus terhadap permasalahan yang dihadapi peserta dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan.

Kegiatan KO diakhiri dengan upacara penutupan dan sesi foto Bersama. Dalam sambutan penutupan kegiatan KO pembina Upacara menyampaikan ucapan terima kasih kepada instruktur yang telah berkenan memberikan materinya dan mendampingi dalam kegiatan-kegiatan SBH Gugus Latih FKMIK Univet Bantara selanjutnya. Kak Wartini, SKM., M.Sc juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan KO dengan penuh antusias dan bertanggung jawab. Harapannya semoga setalah kegiatan KO ini semakin menguatkan pengurus SBH Gugus Latih FKMIK Univet Bantara Sukoharjo sehingga ke depan dapat semakin memberikan kontribusi yang lebih nyata bagi masyarakat dalam meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat melalui Gerakan perilaku hidup sehat.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan