Istimewa, Keceran ke 100 Kadhang PSHP Sukoharjo

Sukoharjo, Kabarjoglo.com – Puluhan calon Kadang Persaudaraan setia Hati Pilangbango ikuti pengesahan tingkat 1 yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum PSHP Bambang Dwi Tunggal, bertempat di Kampung Makam Haji, Kartasuro Sukoharjo. Sabtu (20/8/22) Malam.

Tampak hadir sesepuh PSHP Bambang Dwi Tunggal Ketua Umum PSHP, Ketua Cabanag Sukoharjo, Ketua Cabang Boyolali, juga dari perguruan pencak silat yang lain dan beberapa tamu undangan.

Pengesahan atau yang disebut dengan keceran PSHP kali merupakan keceran yang istimewa karena bertepatan dengan 100 tahun Setia Hati Pemuda Sport Club (SH PSC)

Kegiatan diawali dengan sambutan dari para sesepuh dan Ketua Cabang Sukoharjo, dilanjutkan selamatan sebagai bentuk ungkapan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga menjadi syarat nilai luhur kearifan.

Ketika selamatan, Bambang Dwi Tunggal menjelaskan arti/makna dari setiap syarat yang dibawa para calon kadhang, sebagai contoh pisang raja setangkep yang memiliki simbol dua hal, yaitu jiwa dan raga yang harus dijaga keseimbangannya. “Jika salah satu rusak maka manusia akan mengalami persoalan hidup. Untuk itu kita sebagai umat manusia harus menjaga keseimbangan itu” terang Ketua Umum PSHP atau yang akrab dipanggil Romo Bambang.

Lebih lanjut Romo Bambang menjelaskan “proses keceran dan wejangan dilakukan setelah selamatan dan makan bersama. Nantinya para calon kadhang yg disahkan akan diberi jurus kunci yaitu jurus ke 36” tambahnya.

Romo Bambang berharap untuk para kadhang maupun calon kadhang yang akan disahkan selalu mengajarkan dan menyebarkan ajaran welas asih kebak katresnan yang artinya berbelas kasih penuh cinta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan